Home / Kemenag / PPK Pendis Sulaiman AR Ikuti Rakorda BKBA Batch 4 Tahun 2024

PPK Pendis Sulaiman AR Ikuti Rakorda BKBA Batch 4 Tahun 2024

Pejabat Pembuat Komitmen Pendis Sulaiman AR, S.PdIikuti Rakorda BKBA Batch 4 T.A 2024 Wilayah 1 Angkatan 1, dalam rangka pelaksanaan Proyek Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR), khususnya komponen 1.3 dan 1.4 Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi (BKBA), Project Management Unit (PMU) REP-MEQR akan mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) BKBA Angkatan 4 Tahun Anggaran 2024 bagi 34 provinsi sasaran.

Rakorda BKBA tersebut dimulai pada hari Senin S/d Rabu 20-22 Mei bertempat di Hotel Ciputra World Surabaya. Adapun Narasumbernya Sulasmo Sudharmo (Pakar Digital) dan Inspektorat Jenderal Kemenag RI.

Concept Note Rakorda BKBA ini adalah bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah dalam binaan Kementerian Agama. Proyek ini dilaksanakan dalam waktu lima tahun, dimulai pada awal tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024 dengan pembiayaan dari Bank Dunia.

Proyek ini akan dilaksanakan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Proyek ini terdiri atas empat komponen proyek yang berpotensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sistem pengelolaan pendidikan di Kemenag. Keempat komponen tersebut adalah:

1. Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik) secara nasional dan Pemberian Dana Bantuan untuk Madrasah;

2. Penerapan Sistem Penilaian Hasil Belajar seluruh Peserta Didik Kelas 4 MI secara nasional;

3. Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Guru, Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah; dan

4. Penguatan Sistem untuk mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan.

Terkait dengan Komponen 1 dalam sub Komponen 1.3 dan 1.4 tentang Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi (BKBA), seiring dengan akan diluncurkannya BKBA Angkatan 4 pada 34 provinsi sasaran, maka dipandang perlu unru mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) BKBA Angkatan 4 dengan mengundang para pemangku kebijakan dari Kabupaten/Kota yang tersebar pada 34 provinsi dimaksud.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan secara detail, segenap kebijakan terkait dengan EDM – ERKAM dan BKBA kepada Tim PCU. Harapannya, PCU nantinya dapat menindaklanjuti dengan melakukan serangkaian kegiatan dari sosialiasi, ekseksusi, sampai supervisi kegiatan yang dilaksanakan oleh madrasah bekerjasama dengan Tim DCU dan Kemenag Kabupaten/Kota.

Besaran bantuan BKBA 2024  :

1. Bantuan Kinerja 100jt

2. Bantuan Afirmasi 150jt

Surabaya, Senin 20/05/2024

x

Check Also

Jamaah Haji Aceh Singkil Berangkat Hari ini Menuju Embarkasi Banda Aceh

Jamaah Haji Aceh Singkil hari ini berangkat menuju Embarkasi Banda Aceh. Jum’at, 7 Juni 2024. Serangkaian proses keberangkatan diawali dengan ...