Home / Kemenag / Kankemenag Aceh Singkil Lakukan Kegiatan Pengukuran Arah Kiblat / Rashdul Kiblat

Kankemenag Aceh Singkil Lakukan Kegiatan Pengukuran Arah Kiblat / Rashdul Kiblat

Kankemenag Aceh Singkil lakukan kegiatan pengukuran arah kiblat pada 27 Mei 2024. Kegiatan itu digelar dengan memanfaatkan peristiwa “Rahshdul Qiblah” atau momentum saat matahari melintas tepat di atas Ka’bah, sehingga bayang-bayang benda akan lurus ke arah kiblat, pada 27/05/2024 di Halaman Kantor setempat.

Kegiatan ini digelar dengan tajuk “Hari Sejuta Kiblat”. Sebab, prosesnya akan melibatkan lebih dari satu juta masyarakat untuk mengukur arah kiblat secara serentak dalam satu hari di seluruh wilayah di Indonesia.

H. Azhar, S.Ag, M.A sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil mengungkapkan “Kegiatan ini melibatkan tidak hanya pegawai dalam lingkup kemenag saja namun, masyarakat umum juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini,”. Ungkap Azhar.

Kepala KUA Kuala Baru Khairuddin menyampaikan “Arah kiblat kebarat ada melenceng pada wilayah Aceh Singkil dari barat melenceng sedikit ke kanan kurang lebih 20 derajat, namun kita pastikan lagi pada pengukuran arah kiblat ini”. Tangkas Khairuddin

Banyak metode yang digunakan dalam pengukuran arah kiblat ini, seperti : Segitiga bola, bayang-bayang matahari, Gps, dan aplikasi handphone.

Dalam pengukuran arah kiblat ini Kemenag menggunakan metode Rashdul Kiblat Pemanfaatan peristiwa matahari di atas Ka’bah untuk meluruskan kiblat shalat itu membuat hari ini juga disebut hari rashdul kiblat atau hari meluruskan kiblat.

Pada pengukuran arah kiblat ini teknis dan bahan yang digunakan dengan menggunakan tiang yg dipasang tali, tepat rashdul kiblat, lalu spidol untuk menandakan.

Diakhir kegiatan Azhar mengucapkan “Terimakasih bapak ibu sekalian yang telah berpartisipasi dalam peserta kegiatan pengukuran arah kiblat, atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih kita menggapai target yang dibutuhkan untuk berpartisispasi dalam pengukuran arah kiblat ini”. Tutup Azhar mengakhiri.

x

Check Also

Jamaah Haji Aceh Singkil Berangkat Hari ini Menuju Embarkasi Banda Aceh

Jamaah Haji Aceh Singkil hari ini berangkat menuju Embarkasi Banda Aceh. Jum’at, 7 Juni 2024. Serangkaian proses keberangkatan diawali dengan ...