Home / Kemenag / Kankemenag Aceh Singkil Laksanakan Tes Baca Al Qur’an Bagi Calon Keuchik dalam Kabupaten Aceh Singkil

Kankemenag Aceh Singkil Laksanakan Tes Baca Al Qur’an Bagi Calon Keuchik dalam Kabupaten Aceh Singkil

Aceh Singkil- Kantor Kemenag Aceh Singkil melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melakukan Tes Baca Al Qur’an bagi calon Kepala Desa (Keuchik) dalam Kabupaten Aceh Singkil di Masjid Agung Nurul Makmur Pulo Sarok Aceh Singkil. Senin, 11 September 2023

Dalam sambutannya  Kakankemenag Aceh Singkil yang di wakili oleh Kasi Bimas Islam Hendra Sudirman, S.Sos.I menyampaikan Data Bakal Calon Keuchik yang sudah di terima Kankemenag Aceh Singkil dari Panitia Pemilihan Kepala Kampung (P2K) Aceh Singkil sebanyak 131 Calon dari 45 Desa yang akan diuji  selama 2 hari, yaitu hari Senin dan Selasa.

Lebih lanjut Hendra Sudirman menjelaskan,  Tes uji mampu membaca al-qur’an bagi calon keuchik yang beragama islam ini, dilaksanakan dan wajib di ikuti  oleh calon karena merupakan salah satu persyaratan sesuai dengan amanah baik qanun Aceh maupun Qanun Aceh Singkil tentang  Pemilihan Kepala Kampung.

Kemudian ditambahkanya berdasarkan Surat Keputusan Bupati Aceh Singkil terkait uji tes mampu baca Al-qur’an bagi calon Kepala Kampung di Aceh Singkil tersebut, di serahkan kepada Kemenag setempat. Dengan melibatkan seluruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) yang melaksanakan Pilkades serentak, serta Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Aceh Singkil.

Kemudian uji tes mampu membaca Al-Qur’an tersebut, tidak hanya di berlakukan kepada Calon Keuchik Laki-Laki. Akan tetapi ada terdapat beberapa calon Kauchik dari unsur Perempuan juga diuji.

” ada 12 calon kepala desa dari perempuan yang akan ikut tes baca Al-Qur’an pada gelaran Pilkades tahun 2023 di Kabupaten Aceh Singkil” ungkap Hendra Sudirman.

Sementara itu ketua LPTQ Kabupaten Aceh Singkil Abdul Hanan menjelaskan kriteria yang di akan di nilai oleh tim penguji  dalam pelaksanaan uji tes mampu baca al-Qur’an bagi calon Keuchik di Kabupaten Aceh Singkil ini, meliputi penilaian dari Adab, Harkat dan Mat dari bacaan dan Makharijul Huruf (Makhraz huruf) dari Bacaan.

” Ada tiga kriteria yang kita nilai, Pertama Adab peserta, kedua Harkat dan Mat dari bacaan, dan Ketiga Makharijul Huruf (Makhraz huruf) dari Bacaan.” Ungkap Abdul Hanan

Dalam kegiatan tes uji mampu baca Al-Qur’an bagi calon Keuchik tersebut, Tim penguji membagi menjadi 3 kelompok/tim.

Turut hadir sekaligus sebagai tim penguji ketua LPTQ Kabupaten Aceh Singkil Bapak Abdul Hanan, para Kepala KUA Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Singkil, Ketua APRI dan Imam Masjid Agung Nurul Makmur.

x

Check Also

Jamaah Haji Aceh Singkil Berangkat Hari ini Menuju Embarkasi Banda Aceh

Jamaah Haji Aceh Singkil hari ini berangkat menuju Embarkasi Banda Aceh. Jum’at, 7 Juni 2024. Serangkaian proses keberangkatan diawali dengan ...