Home / Berita / Direktur PD Pontren Kemenag RI Kunjungi Pesantren Darul Mahabbah Aceh Singkil

Direktur PD Pontren Kemenag RI Kunjungi Pesantren Darul Mahabbah Aceh Singkil

Singkil—Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) lakukan kunjungan visitasi izin pendirian lembaga Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) di Komplek Pondok Pesantren Darul Mahabbah di hadiri seluruh Santri dan Santriwati. Sabtu 25 September 2022.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Prof. Dr. H.Waryono, S.Ag.,M.Ag dalam arahannya menyampaikan pendidikan pondok pesantren menumbuhkan karakteristik para santri yang disiplin, harapannya kedepan para santri untuk lebih meningkatkan semangat untuk belajar.

“Pesan moral yang terpenting disampaikan oleh Direktur PD Pontren harapannya tidak ada lagi asosiatif/mengarah kepada kekerasan kepada santri dan praktik buliyying sesama santri baik secara verbal maupun non verbal” tutur Waryono.

“Lebih lanjut, yang tidak kalah penting, kami harapkan para pemangku kepentingan bisa mengawasi dan mengevaluasi SPM, jika nanti Darul Mahabbah Lolos pada saat visitasi maka tugas Pimpinan Pondok Pesantren adalah terus mengawasi dan mengevaluasi kualitas pendidikan di Darul Mahabbah ini.

Pondok Pesantren patut bersyukur atas terbit nya UU No 18 Tahun 2019 Tentang Undang Undang Pondok Pesantren, salah satu manfaat dari UU Pondok Pesantren ini adalah terwujudnya kesetaraan ijazah lulusan/tamatan dari Pondok Pesantren itu sendiri.

Senada dengan definisi di atas, menurut UU. No. 18 tahun 2019 tentang pesantren, bahwa Pendidikan Muadalah adalah pendidikan pesantren yang diselenggarakan pada jalur pendidikan formal dengan mengembangkan kurikulum sesuai dengan kekhasan pesantren dengan berbasis kitab kuning atau dirasah islamiyah dengan pola pendidikan muallimin secara berjenjang dan terstruktur.

Pondok Pesantren Darul Mahabbah termasuk dalam daftar 46 lembaga sasaran Visitasi Izin Pendirian lembaga SPM dan PDF tahun 2022 sebanyak 43 Lembaga yang terdaftar sebagai Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) dan terdapat 3 Pendidikan Diniyah Formal (PDF).

Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Aceh Dr. H. Muntasyir, S.Ag, MA pada saat sambutan menyampaikan visitasi ini adalah bagian terpenting untuk proses izin Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) kita semua patut bersyukur atas kehadi Direktur PD Pondok Pesantren Kemenaga RI di Darul Mahabbah.

Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis, S.T.,DEA menyampaikan sangat mendukung pendidikan pondok pesantren, serta berharap Pondok Pesantren Darul Mahabbah hari ini yang di Visitasi oleh Direktur Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren mendapatkan izin sesuai yang kita harapkan bersama. tutup Marthunis.

Turut Berhadir pada kegiatan visitasi Direktur Pendidikan Dayah Pondok Pesantren Kemenag RI di Pondok Pesantren Darul Mahabbah Sekda Aceh Singkil, Pimpinan SKPK Para, Asisten Setdakab, Anggota DPRK Aceh Singkil, mewakili Kapolres Aceh Singkil, Para Kepala Seksi di lingkungan Kankemenag Aceh Singkil, Kepala KUA Kec. Singkil dan Kepala KUA Kec. Singkil Utara, Para Pimpinan Pondok Pesantren Se-Aceh Singkil, serta Unsur Organisasi FKDT Provinsi Aceh.

Di Komplek yang sama, di Ruang Kantor Pondok Pesantren Darul Mahabbah sedang berlangsung Visitasi oleh Tim Direktur PD Pontren Kemenag RI , seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan baik, di tutup dengan pembancaan Do’a yang dibacakan oleh Ketua MPU Aceh Singkil.

Akhirnya seusai acara, Direktur PD Pontren Kemenag RI melihat secara langsung ruang belajar dan fasilitas yang berada di Pondok Pesantren Darul Mahabbah.

x

Check Also

Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Singkil Hadiri FGD dan Bimbingan Teknik Optimalisasi Kinerja Anggaran 2024 di KPPN Tapak Tuan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Azhar, S.Ag, M.A, hadiri kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) dan Bimbingan Teknik ...