Home / Berita / Di Ruko Pasar Singkil di Adakan Kampanye Mandatory Halal

Di Ruko Pasar Singkil di Adakan Kampanye Mandatory Halal

Singkil—Dalam rangka menyukseskan penahapan pertama kewajiban sertifikasi halal. Pemerintah melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singki Seksi Bimas Islam bersama Ketua Pokjaluh dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Singkil serta Disperindagkop Aceh Singkil menggelar acara Kampanye Mandatory Halal serentak dilaksanakan se-Indonesia. Sabtu 18 Maret 2023.

Kegiatan Mandatory halal ini dipusatkan di dua titik lokasi berbeda, yaitu di Ruko Pasar Singkil dan Pujasera selanjutnya masing masing tim mengunjungi lokasi usaha untuk disosialisasikan lebih lanjut.

Kampanye mandatory halal ini diinisiasi Menteri Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia dalam rangka pelaksanaan sertifikasi halal yang merupakan amanat undang undang no 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Tahapan pertama yang berlaku 17 Oktober 2024 pelaku usaha dimandatkan sudah bersertifikasi halal, khususnya untuk produk makanan, minuman, hasil sembelihan dan jasa penyembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman.

Kepala Seksi Bimas Islam Hendra Sudirman, S.Sos.I menjelaskan dalam memperoleh sertifikat halal, pelaku usaha perlu mengikuti alur proses sertifikasi halal, dan menyiapkan semua dokumen yang diperlukan.

Kepada pelaku usaha juga disampaikan tidak perlu sungkan dan malu-malu untuk bertanya kepada penyuluh Agama Islam di wilayah setempat terdapat di KUA Kecamatan masing-masing atau bisa juga mendatangi langsung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil.

Ketua Kelompok Penyuluh (Pokjaluh) Dr. Syahminan, MM menyampaikan momen menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 hijriah, saya juga mengajak seluruh pelaku usaha untuk mendaftarkan sertifikasi halal produk makanan, minuman, jasa sembelihan dan hasil sembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman, sebelum 17 Oktober 2024.

 

x

Check Also

Lantik Kepala KUA dan Kaur TU Madrasah, Kakan Kemenag Aceh Singkil : Tunjukkan Kinerja Terbaik

Singkil—Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Saifuddin, SE melantik tujuh kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan Kepala Urusan ...