Home / Kemenag / Terima Kunjungan BRIN, Plh Kankemenag Kabupaten Aceh Singkil Berharap dapat Mencegah Konflik

Terima Kunjungan BRIN, Plh Kankemenag Kabupaten Aceh Singkil Berharap dapat Mencegah Konflik

Plh. Kakankemenag Kabupaten Aceh Singkil Hendra Sudirman, Sos. I didampingi KasubbagTU dan Penyelenggara Zakat Wakaf  menerima Kunjungan Tim Riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kankemenag Kabupaten Aceh Singkil (11/5/23)

Pertemuan Tim Riset BRIN Pusat dan peneliti dari UIN Arraniry dengan Plh. Kankemenag Kabupaten Aceh Singkil beserta pengurus FKUB Kabupetan Aceh Singkil terkait akan diadakan penelitian dengan tema “Pendekatan Lokal Wisdom dalam Penyelesaian Konflik Beragama Jelang Pilkada dan Pemilu di Kabupaten Aceh Singkil

Dalam pemaparannya kepala  BRIN Aji Sofanudin menyampaikan BRIN merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada presiden untuk menjalankan fungsi penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Saat ini ada 12 Organisasi riset dan 85 Pusat Riset yang menjadi pelaksanaan penelitian di BRIN, salah satunya adalah Pusat Riset Agama dan Kepercayaan, Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Pusat Riset Agama dan Kepercayaan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora, Aji Sofanudin menyampaikan bahwa ingin menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama untuk melaksanakan tugas penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan riset keagamaan di Kabupaten Aceh Singkil

“Pusat Riset Agama dan Kepercayaan itu memiliki 6 (enam) kelompok riset yang bertugas untuk melaksanakan penelitian sesuai dengan bidang riset. Adapun nama-nama kelompok riset yaitu yang pertama Agama, Kepercayaan dan Spiritualitas, Agama dan Kebijakan Publik, Agama dan Isu-isu Kontemporer, Agama, Perdamaian dan Konflik, Radikalisme dan Terorisme, Pendidikan Agama, Keagamaan dan Kepercayaan. Kami berharap kerja sama ini dapat terus terjalin,” ungkap Aji.

Plh. Kankemenag Kabupaten Aceh Singkil, Hendra Sudirman berharap dengan kerjasama ini dapat mendorong dalam memajukan riset keagamaan, khususnya dalam mencegah terjadinya konflik keagamaan di Kabupaten Aceh Singkil.

 

x

Check Also

Jamaah Haji Aceh Singkil Berangkat Hari ini Menuju Embarkasi Banda Aceh

Jamaah Haji Aceh Singkil hari ini berangkat menuju Embarkasi Banda Aceh. Jum’at, 7 Juni 2024. Serangkaian proses keberangkatan diawali dengan ...