Home / Kemenag / Seksi Pendis Kemenag Kab. Aceh Singkil gelar Pembinaan Guru Diniyah dan TPQ

Seksi Pendis Kemenag Kab. Aceh Singkil gelar Pembinaan Guru Diniyah dan TPQ

 

Singkil (shr) – Kantor Kemenag Kab. Aceh Singkil melaluli Seksi Pendis Islam gelar pembinaan guru Diniyah dan TPQ se Kabupaten Aceh Singkil, Aula KanKemenag (30/12).

Pada pembinaan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Singkil Aslinuddin, S.Pd, Kabid Dayah Dinas Syari’at Islam, Putri Juliana, S.Pd, Kasi Pendis Kemenag, Halimsyah, MA, serta seluruh Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).

Adapun tema yang diangkat pada acara tersebut adalah “Marikita Tingkatkan Peran Guru yang Berkualitas Jujur dan Amanah”

Selanjutnya, KanKemenag Kab. Aceh Singkil yang diwakili oleh Kasi Pendis mengatakan adapun tujuan mengadakan acara ini, yaitu bersilaturahim, mengadakan pertemuan Badan Dayah dengan Kemenag dan Diniyah TPQ, dan juga dalam rangka untuk membicarakan Diniyah kedepan supaya semakin makin maju seperti yang diharapkan.

Pembentukan forum komunikasi kelompok kerja Diniyah juga bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda menyangkut dengan RAB Perbub yang telah dicetuskan sejak tahun 2012. Beliau juga menyampaikan sampai pada hari Rab tersebut belum terealisasi.

Pada kesempatan yang sama Kasi Pendis juga menyampaikan peran Badan Dayah dalam memajukan Diniyah dan TPQ tugas Kemenag dalam hal ini hanya menyangkut izin operasional dan pembinaan Diniyah, sementara tugas Dadan Dayah memberikan bantuan baik finansial maupun fisik.

Dalam pemaparan Halimsyah, jumlah Diniyah di Kab. Sceh Singkil sebnayak 70 Diniyah tetapi yang sudah mengisi data Emis dan terdaftar secara aplikasi hanya 38 diniyah, sedangkan jumlah keseluruhan TPQ 140, dan yang sudah mengisi Emis sebanyak 35 TPQ.

Halimsyah juga berharap kepada Diniyah dan TPQ untuk segera mengisi Emis dan mengurus izin operasional.

Halimsyah juga menyampaikan apabila Diniyah dan TPQ tidak ada izin operasional dari Kemenag, maka secara otomatis dipending dulu untuk mendapatkan bantuan.

Ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara Kemenag dengan Dinas Syariat Islam Kab. Aceh Singkil supaya tetap solid.

Selain daripada itu kasi Pendis juga menyampaikan tujuan dan fungsi Diniyah adalah untuk memberikan kemampuan dasar dalam bidang ilmu pengetahuan sehingga terciptalah muslim-muslim yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia sehingga memiliki pengetahuan pengalaman dan keterampilan ibadah.

Sementara itu fungsi Diniyah menurut Halimsyah, menyelenggarakan pendidikan agama islam seperti Alquran Hadits, Tajwid (Tata Cara Tulis Caca Quran), Aqidah Akhlak, Fiqih, SKI, Bahasa Arab dan Praktek Ibadah.

x

Check Also

Tim Kanwil Kemenag Prov. Aceh Monev e-MPA, SMART dan e-Monev

  Singkil (Darma) – Bertempat di aula Kankemenag Kab. Aceh Singkil Tim Kanwil Kemenag Prov. Aceh Monev Pelaporan Elektronik Monitoring ...