Home / Kemenag / Kankemenag Aceh Singkil Lakukan Kalibrasi Arah Kiblat di 4 Titik Lokasi

Kankemenag Aceh Singkil Lakukan Kalibrasi Arah Kiblat di 4 Titik Lokasi

Singkil-Tim Pengukur Arah Kiblat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil kembali melakukan tugas pelayanan verifikasi arah kiblat dipimpin langsung oleh Kasi Bimas Islam Hendra Sudirman, S.Sos.I dan Tim ukur arah kiblat Kankemenag Kabupaten Aceh Singkil Khairuddin, S.Ag, Mujakir, S.Sos.I dan juga dari staf Bimas Islam Kankemenag Aceh Singkil.  Rabu (14/06/23)

Dalam kesempatan ini Hendra Sudirman menjelaskan  arah kiblat tidak bisa dikira-kira dengan mengarah kebarat, perhitungannya harus benar-benar tepat dan akurat. Karena jika terjadi kesalahan maka akan berakibat fatal pada penentuan arah kiblat tempat ibadah umat Islam. Perbedaan satu derajat akan mengakibatkan selisih ratusan kilometer dari ka’bah.

“Pengukuran arah kiblat, merupakan salah satu layanan gratis tanpa dipungut biaya sepersen pun. Pengukuran bisa dilakukan mulai dari mengukur arah kiblat masjid yang akan dibangun atau mengukur kembali arah kiblat masjid/musholla yang sudah jadi sejak lama. Masyarakat bisa mengirimkan surat permohonan ke Kankemenag Aceh Singkil ,” pungkasnya.

Dalam keterangannya Tim Ukur Arah kiblat Khairudin menjelaskan, kegiatan pengukuran dilakukan kepada arah kiblat Mushola MAN 1 Aceh Singkil, Mtsn 1 Aceh Singkil, MIN 1 Aceh Singkil dan Balai Pengajian Al Arif Billah Kampung Siti Ambia

“Pengukuran dilakukan mulai pukul 09.30 WIB dengan menggunakan theodolit dan berbagai peralatan lainnya,” jelasnya.

Menurutnya theodolit digunakan untuk menentukan fokus titik matahari agar benar-benar akurat dalam penentuan arah kiblat.

Sementara itu perwakilan dari pihak Balai pengajian Al-Arif Billah menyampaikan “Saya sangat berterima kasih kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil yang sudah melakukan pengukuran  arah kiblat balai pengajian ini. Semoga menjadi berkah dan semangat untuk para jamaah di balai pengajian ini,” ucapnya.

 

x

Check Also

Jamaah Haji Aceh Singkil Berangkat Hari ini Menuju Embarkasi Banda Aceh

Jamaah Haji Aceh Singkil hari ini berangkat menuju Embarkasi Banda Aceh. Jum’at, 7 Juni 2024. Serangkaian proses keberangkatan diawali dengan ...