Home / Berita / DWP Kemenag Aceh Singkil Adakan Kegiatan Pemaparan penjelasan Pemeriksaan Tes Iva dan Sadanis

DWP Kemenag Aceh Singkil Adakan Kegiatan Pemaparan penjelasan Pemeriksaan Tes Iva dan Sadanis

Singkil— Dalam rangka kegiatan serentak yang diadakan oleh DWP Kemenag RI untuk meningkatkan kepedulian terhadap penyakit kanker serviks dan kanker payudara, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil menyelenggarakan kegiatan pemaparan penjelasan pemeriksaan tes IVA dan SADANIS, di aula Kemenag Aceh Singkil. Rabu (10/08/2022).

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag Aceh Singkil Ny. Yasmaidar Saifuddin dalam sambutannya melalui video call mengatakan bahwa, kegiatan ini dilakukan serentak seluruh Indonesia yang pesertanya berasal dari DWP dan ASN perempuan Kemenag, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kesadaran dan meningkatkan kewaspadaan yang tinggi terkait masalah kesehatan reproduksi perempuan.

Tes IVA adalah pemeriksaan sederhana dan singkat untuk mencegah sekaligus mendeteksi dini kemungkinan wanita dewasa mengidap penyakit kanker serviks atau leher rahim. Sedangkan tes Sadanis untuk menghindari sekaligus mengetahui kemungkinan terjangkitnya penyakit kanker payudara.

Lebih lanjut, Ny. Yasmaidar Saifuddin menyampaikan, bahwa pelaksanaan Tes Iva dan Sadanis DWP Kemenag Aceh Singkil pada tanggal 10 Agustus 2022 serentak seluruh Indonesia. Untuk tempat pelaksanaan berada di Puskesmas Kecamatan Singkil bagi peserta tidak di pungut biaya (Gratis).

Selanjutnya, Ketua DWP Kemenag Aceh Singkil melaporkan bahwa berlangsung secara tatap muka penyampaian materi dari dr. Imamah dan dihadiri oleh peserta Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil.

“Semoga rangkai pelaksanaan Tes Iva dan Sadanis hari ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta,” harapnya.

x

Check Also

Penandatangan Ikrar Wakaf Sebidang Tanah di Desa Tanah Bara

Pejabat Pembuat Akta Ikrar wakaf (PPAIW) KUA Kecamatan Gunung Meriah H.Sabaruddin,M.Ag didampingi Penyuluh Agama Islam hadiri pelaksanaan dan penandatanganan Ikrar ...