Home / Kemenag / Monitoring Kampung Zakat, PZW Kemenag Aceh Singkil Harapkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat lebih Meningkat.

Monitoring Kampung Zakat, PZW Kemenag Aceh Singkil Harapkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat lebih Meningkat.

 

Situbuh-tubuh (mus) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil melalui Penyelenggara Zakat Wakaf (PZW) lakukan monitoring Kampung Zakat di desa situbuh-tubuh Kecamatan Danau Paris Kabupaten Aceh Singkil.

Kegiatan monitoring itu dilakukan Kamis, 03 September 2020, dengan tujuan melihat perkembangan Program kampung Zakat desa situbuh-tubuh terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat sebab desa Situbuh-tubuh tersebut sudah di launcing oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Pusat sebagai kampung zakat pada tahun 2019 yang lalu.

Pasca di tetapkan sebagai Kampung Zakat berbagai bantuan sudah masuk ke desa Situbuh-tubuh, melelaui Lembaga Amil Zakat, Dompet Dhuafa dan YPI.

Adapun bantuan dari LAZ tersebut berupa penyuluhan pendidikan, pemeriksaan kesehatan Gratis dan sembako. Sementara Ada juga bantuan dari Direktur Zakat Wakaf Dirjen Bimas Islam Kemenag RI yang di salurkan melalui Kanwil Kemenag Provinsi Aceh berupa bantuan dana untuk pemberdayaan Ekonomi Masyarakat setempat.

Selain itu, bantuan dana untuk kelompok pengajian ibu-ibu desa Situbuh-tubuh juga sudah di salurkan.

Nantinya diharapkan melalui bantuan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Saifuddin, SE melalui kepala penyelenggara Zakat Wakaf Khasi’ah, S.Ag., MM Menyampaikan bahwa beliau dengan program tersebut dapat menekan angka kemiskinan di desa tersebut.

“Kita berharap dengan ditetapkan nya desa situbuh – tubuh menjadi kampung Zakat itu bisa menekan angka kemiskinan di desa itu, sebab program-program yang akan di laksanakan kita harapkan mampu menyentuh pergerakan ekonomi masyarakat serta bisa meningkatkan pemberdayaan Ekonomi masyarakat setempat, kita juga berharap semua pihak agar dapat mendukung program Kampung Zakat yang sudah di launcing tahun 2019 yang lalu. Yakni dengan bersinergi membantu program yang lainnya dalam membatu meningjatkan ekonomi masyarkat setempat”. Kata Khasi’ah

Sementara itu kepala desa situbuh- tubuh mengharapkan agar program tersebut terus berlanjut.

“Alhamdulillah ini program ini sangat membantu masyarakat kita, saya sangat berharap program ini terus berlanjut guna untuk menekan angka kemiskinan di daerah kita”. Tegasnya

x

Check Also

Ke Takengon, Kemenag Aceh Singkil belajar PTSP dan Wakaf Produktif

  Takengon (mus) – Dalam rangka mendukung pelaksanaan program kegiatan serta peningkatan Pelayanan kepada masyarakat Aceh Singkil, Kantor Kementerian Agama ...