Home / Kemenag / KUA Singkohor lakukan Koordinasi persiapan Bimwin Serentak Dengan PLKB Singkohor.

KUA Singkohor lakukan Koordinasi persiapan Bimwin Serentak Dengan PLKB Singkohor.

Singkohor. Kantor Urusan Agama Kecamatan Singkohor melakukan rapat Koordinasi dengan  PLKB Kec. Singkohor pada Selasa(14/05/2024) .

Rapat Koordinasi terkait akan di laksanakan bimbingan catin serentak bertempat di ruang Kepala KUA Kec. Singkohor.

Pada kesempatan ini kepala KUA Kecamatan Singkohor Ahmadi, S.Ag menyampaikan rapat ini bertujuan untuk bersama bersama dengan PLKB Kec. Singkohor menyatukan persepsi agar tujuan pemerintah melahirkan catin yang berkualitas tercapai.

Adapun hasil dari rapat koordinasi dengan PLKB Kec. Singkohor adalah sebagai berikut..
1. Pendampingan catin oleh TPK yang nantinya dikeluarkan sertifikat Elsimil.
2. Penetapan jadwal bimbingan catin serentak antara KUA, PLKB dan puskesmas.

Sementara itu kepala PLKB Kec. Nurul Sri Suyanti menyampaikan  Elsimil merupakan singkatan dari Elektronik Siap Nikah dan Hamil. Aplikasi ini berguna untuk mendeteksi lebih awal terhadap potensi bayi yang akan dilahirkan dengan melihat kodisi calon pasangan pengantin.

Melalui penggunaan Elsimil diharapkan calon pengantin lebih siap untuk memasuki masa kehidupan berkeluarga dan sebagai upaya untuk menghindari terjadinya kasus New Stunting, atau kondisi di mana tinggi badan anak tidak normal akibat permasalahan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang lama.

Elsimil berfungsi sebagai alat skrining untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin dalam rangka penanganan stunting. Tuturnya.

Terkait bimbingan catin serentak PLKB siap membantu dalam penyampaian materi tentang keluarga berencana. Tutup Nurul Sri Suyanti.

x

Check Also

Jamaah Haji Aceh Singkil Berangkat Hari ini Menuju Embarkasi Banda Aceh

Jamaah Haji Aceh Singkil hari ini berangkat menuju Embarkasi Banda Aceh. Jum’at, 7 Juni 2024. Serangkaian proses keberangkatan diawali dengan ...