Home / Kemenag / KUA Kota Baharu lakukan Koordinasi Dengan PLKB dan kecamatan terkait Pemantapan Aplikasi Elsimil

KUA Kota Baharu lakukan Koordinasi Dengan PLKB dan kecamatan terkait Pemantapan Aplikasi Elsimil

Kota Baharu. Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Baharu melakukan rapat Koordinasi dengan PLKB Kec. Kota Baharu beserta dari pihak kecamatan yang diwakili oleh kasi pemerintahan pada Selasa(14/05/2024) mengadakan Rapat Koordinasi terkait efektivitas penerapan Aplikasi Elsimil, bertempat di ruang rapat KUA Kec. Kota Baharu.

Pada kesempatan ini kepala KUA Kecamatan Kota Baharu Kamraini, S.Ag menyampaikan rapat ini bertujuan untuk mempermudah para catin yang akan melakukan pendaftaran nikah agar tidak salah paham di masyarakat dengan adanya syarat sertifikat elsimil sebagai syarat wajib dalam pendaftaran nikah.

” Jadi kita bicara teknis dari mana catin harus memulai mengurus berkas nikah” ungkap Kamraini.

lebih lanjut kepala PLKB, Surtini menyampaikan Elsimil merupakan singkatan dari Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil. Aplikasi ini berguna untuk mendeteksi lebih awal terhadap potensi bayi yang akan dilahirkan dengan melihat kodisi calon pasangan pengantin.

Melalui penggunaan Elsimil diharapkan calon pengantin lebih siap untuk memasuki masa kehidupan berkeluarga dan sebagai upaya untuk menghindari terjadinya kasus New Stunting, atau kondisi di mana tinggi badan anak tidak normal akibat permasalahan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang lama.

Elsimil berfungsi sebagai alat skrining untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin dalam rangka penanganan stunting.

Rapat Koordinasi ini sebagai salah satu upaya mempercepat penerapan i aplikasi Elsimil kepada masyarakat lewat peran KUA dan para penyuluh di Kota Baharu untuk memastikan setiap calon pengantin (catin) berada dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil.

Dengan aplikasi Elsimil, para catin akan mendapatkan pendampingan, edukasi, dan pengawasan sehingga secara bersama mencegah peningkatan angka stunting di kota Baharu Terang Jumitri sebagai staf PLKB Kec. Kota Baharu.

x

Check Also

Jamaah Haji Aceh Singkil Berangkat Hari ini Menuju Embarkasi Banda Aceh

Jamaah Haji Aceh Singkil hari ini berangkat menuju Embarkasi Banda Aceh. Jum’at, 7 Juni 2024. Serangkaian proses keberangkatan diawali dengan ...