Home / Kemenag / KUA Gunung Meriah Adakan Kegiatan BIMWIN Mandiri

KUA Gunung Meriah Adakan Kegiatan BIMWIN Mandiri

Kepala KUA Kecamatan Gunung Meriah dalam sambutan pembukaan bimwin menyebutkan, sebanyak 15 pasang calon pengantin (Catin) mengikuti kegiatan Bimbingan Perkawinan Pranikah Mandiri atau sering disebut Bimwin Mandiri di Aula KUA Kecamatan Gunung Meriah pada Senin 24 Juni 2024.

Kegiatan Bimwin merupakan program Kementerian Agama RI, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 189 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin.

Bimbingan Perkawinan ini dibimbing langsung oleh  Kepala KUA Gunung Meriah dan penyuluh agama islam, puskesmas dan PLKB

H. Sabaruddin mengapresiasi kegiatan bimbingan perkawinan yang dilaksanakan secara mandiri.

“Saya sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh tim penyuluh KUA Gunung Meriah yang telah membuat jadwal tetap Bimwin secara mandiri karena tidak semua kegiatan Bimwin ini dapat tercover oleh anggaran DIPA,” jelasnya.

Oleh karena itu, butuh kerjasama dari pihak ketiga untuk mengadakan bimbingan perkawinan, yakni secara mandiri (non DIPA- red). Kegiatan yang dilakukan oleh KUA Gunung Meriah dengan program Bimwin secara mandiri ini patut dicatat sebagai keseriusan menjalankan amanah perundang-undangan yg berlaku,” tuturnya.

Dalam bimbingannya, Kepala KUA Gunung Meriah menitipkan pesan kepada catin akan tujuan dari melakukan perkawinan.

Tujuan perkawianan adalah 1). memberi bimbingan dan ketrampilam hidup rumah tangga, 2). menyiapkan mental calon pengantin sebelum membina rumah tangga, 3) menjaga kesehatan reproduksi dan 4). mengelola konflik dan ketahanan keluarga.

Seiring dengan itu penyuluh agama islam Asmuddin, SHI. MM menjelaskan akan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perceraian, diantaranya yaitu 1). perkawinan dini, 2) ekonomi keluarga, 3) cemburu yang berlebihan, 4) pasangan tidak sekufu, 5) perselingkuhan, 6) ada kesibukan masing-masing sehingga tidak sempat mengatur waktu.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala KUA Kecamatan Gunung Meriah. H. Sabaruddin juga mengungkapkan rasa syukur dan berterimakasih atas kehadiran para catin dan pemateri, baik dari penyuluh Agama Islam di Lingkungan kerja KUA Kecamatan Gunung Meriah ada pak Muzakir, S.Sos. dan buk Cut Efia, SHI maupun dari lembaga Puskesmas dan PLKB. Kerjasama ini hendaknya tetap berjalan dengan baik. Tutupnya dalam penutupan kegiatan bimwin mandiri tersebut.

x

Check Also

Kankemenag Aceh Singkil Hadiri Upacara Tahunan Ke V Khutbatul- I ‘Arsy Pekan Perkenalan Pondok Pesantren Darur Rasyid

Simpang Kanan – Kepala Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Azhar, S.Ag, M.A  hadiri upacara tahunan Ke V Khutbatul – ...