Home / Berita / Ke Takengon, Kemenag Aceh Singkil belajar PTSP dan Wakaf Produktif

Ke Takengon, Kemenag Aceh Singkil belajar PTSP dan Wakaf Produktif

 

Takengon (mus) – Dalam rangka mendukung pelaksanaan program kegiatan serta peningkatan Pelayanan kepada masyarakat Aceh Singkil, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil lakukan study banding ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah.

Kegiatan tersebut di laksanakan Senin, 21/9/2020, adapun bidang yang akan di pelajari dari Kantor Kementerian Kabupaten Aceh Tengah itu meliputi Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ) dan Informasi pengelolaan wakaf produktif dalam bentuk wakaf uang.

“Sebab bidang tersebut sudah di laksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah. Dan saat ini sedang menggagas aplikasi Simampate yaitu sebuah aplikasi manajemen kepegawaain ASN kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah”. Kata Saifuddin.

Ikut dalam kegiatan study banding tersebut kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, Pejabat Pembuat Komitmen Sekretariat serta Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf beserta beberapa staf.

Tujuan dari kegiatan tersebut diharapkan Kemenag Aceh Singkil akan dapat mempelajari bagaimana sistim pengelolaan PTSP serta Pengelolaan Wakaf produktif dalam bentuk wakaf uang.

Kedua bidang tersebut sudah duluan diterapkan di Kemenag Aceh tengah. Untuk itu belajar terlebih dahulu dan akan di implementasikan di Kemenag Aceh Singkil sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih meningkat.

Kakankemenag Kab. Aceh Singkil H. Saifuddin, SE dalam kunjungan tersebut menyampaikan bahwa ada dua kegiatan yang akan dipelajari di Kemenag Aceh Tengah.

“Ini kita laksanakan untuk dua kegiatan yang memang di Aceh Tengah sudah berjalan dengan baik yaitu pelaksanaan PTSP dan wakaf uang tunai”. Katanya

Di PTSP Kemenag Aceh Singkil kita harapkan bisa menerapkan pelayanan melalui PTSP dengan baik sehingga masyarakat yang butuh layanan bisa mendapat kepastian waktu pelayanannya dan ini nanti di kantor akan kita diskusikan untuk menetapkan SOP untuk setiap layanan”.

Sementara dalam bidang wakaf produktif kita melihat memang kesadaran seluruh pegawai Kemenag  Aceh Tengah dalam beramal sudah sangat bagus, semoga ini bisa kita tularkan ke Aceh Singkil dengan menambah beberapa program ke umat berbasis agama sehingga dengan wakaf produktif yang akan kita terapkan nanti dapat menimbulkan kesadaran umat dalam mewakafkan harta dan uang nya untuk di kelola demi kemaslahatan umat” lanjut Kakankemenag.

Sementara itu, Kakankemenag Aceh Tengah Drs. H. Saidi B, MA menyambut baik kedatangan rombongan dari kepala serta pegawai Kemenag Aceh Singkil.

“Saya sangat senang dengan kedatangan Kepala serta Pegawai dari Kemenag Aceh Singkil, semoga silaturahim dan kerjasama ini selalu terjalin dengan baik. tegasnya.

x

Check Also

Ketua Pokjaluh Kemenag Aceh Singkil Ikuti Tolak Bala dan Rateb Seribee MPTT-I

  Singkil (shr) – Ketua Pokjaluh Kementerian Agama Kab. Aceh Singkil dan juga Wakil Ketua Pokjaluh Kementerian Agama Prov. Aceh ...