Home / Kemenag / Kankemenag Aceh Singkil Peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke 116

Kankemenag Aceh Singkil Peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke 116

Singkil – Kankemenag Aceh Singkil Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke 116 tahun 2024, di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, Senin (20/05/2024).

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) jatuh pada 20 Mei. Tahun ini, Harkitnas 2024 membawakan tema “Bangkit untuk Indonesia Emas” untuk membawa nilai semangat dan kekuatan bagi seluruh insan Tanah Air.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Kankemenag Aceh Singkil sebagai pembina upacara Kepala Kantor Kementerian Ahama H. Azhar, S.Ag, M.A.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Budi Utomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa. Budi Utomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan.

Azhar juga mengajak seluruh pejabat dan pegawai Kemenag Aceh Singkil untuk terus mempertahankan semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan Kementerian Agama dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja bersama demi tujuan bangkit untuk Indonesia emas.

x

Check Also

Jamaah Haji Aceh Singkil Berangkat Hari ini Menuju Embarkasi Banda Aceh

Jamaah Haji Aceh Singkil hari ini berangkat menuju Embarkasi Banda Aceh. Jum’at, 7 Juni 2024. Serangkaian proses keberangkatan diawali dengan ...