Home / Berita / Hari Lahirnya Pancasila Sebagai Momentum tingkatkan Pemahaman Nilai – nilai Pancasila di kalangan Siswa MAN Aceh Singkil.

Hari Lahirnya Pancasila Sebagai Momentum tingkatkan Pemahaman Nilai – nilai Pancasila di kalangan Siswa MAN Aceh Singkil.

 

Singkil – ( Mustafa ) Pendidikan merupakan suatu hal yang harus di dapat oleh setiap warga negara, baik yang tinggal di wilayah perkotaan maupun yang tinggal di pelosok apalagi wilayah yang terpencil dan tertinggal.

Dengan pendidikan akan membantu serta memudahkan seseorang untuk mendapatkan cita-cita dan keinginannya.

Dengan pendidikaan juga akan dapat meraih serta bisa merasakan kedamaian dalam diri dan kehidupannya. Baik dalam kehidupan beragama maupun hidup bermasyarakat.

Di era digitalisasi saat ini cukup banyak mempengaruhi pola kehidupan masyakarat, beragam cara pandang dan cara berfikir masyarakat ditengah-tengah masyarakat yang heterogen sehingga bisa membuat masyatakat terpecah belah.

Untuk itu peran pendidikan sangat membantu untuk memberikan pencerahan atas perbedaan yang terjadi ditangah-tengah masyarakat saat ini.

Bangsa Indonesia yang beraneka ragam budaya, suku, bahasa, agama sehingga muncullah semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Pada kondisi seperti itu Pendidikan di Indonesia harus sejak awal sudah ditanamkan nilai-nilai pancasila kepada peserta didik yang notabenenya adalah generasi emas.

Dalam hal ini pada momentum memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni tahun 2022 kita jadikan momentum ini sebagai langkah penguatan implementasi pemahaman nilai – nilai Pancasila pada peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Aceh Singkil Yang merupakan satu – satunya Madrasah Aliyah negeri yang ada di Kabupaten Aceh Singkil.

Dengan penguatan pemahaman nilai-nilai Pancasila serta implementasi kepada kalangan peserta didik itu bisa meningkatkan peran Madrasah dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Agar dengan penguatan faham tentang nilai pancasila yang menjadi dasar Negara Indonesia dapat di tanamkan serta di inplementasikan sejak dini sampai mereka dewasa dan tua akan tetap tertanam dalam diri mereka sehingga sampai kapanpun bangsa ini tetap utuh dan tidak terprovokasi oleh siapa dan darimana yang menginginkan bangsa ini terpecah.

Upaya untuk menguatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila itu tidak hanya akan dilakukan pada sekolah umum saja, namun pada sekolah madrasah juga harus di perkuat pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila ini.

Oleh karenanya peningkatan pemahaman maupun penguatan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik Madrasah harus di perkuat melalui mata pelajaran (mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

x

Check Also

Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Singkil Hadiri FGD dan Bimbingan Teknik Optimalisasi Kinerja Anggaran 2024 di KPPN Tapak Tuan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Azhar, S.Ag, M.A, hadiri kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) dan Bimbingan Teknik ...