Home / Berita / Dengan Robin, Kakankemenag dan Bimas Islam Monev ke KUA Kuala Baru

Dengan Robin, Kakankemenag dan Bimas Islam Monev ke KUA Kuala Baru

 

Kuala Baru — Robin adalah istilah yang biasa dipakai oleh masyarakat Kabupaten Aceh Singkil untuk menyebut perahu mesin. Dikarenakan menggunakan mesin bensin Robin, sehingga penggunaan istilah Robin terus melekat hingga kini. Penggunaan Robin adalah untuk sebagai alat transportasi sungai antar daerah. Termasuk menuju Kecamatan Kuala Baru

Dengan Robin tersebut pula lah, Kepala Kantor Kemenag Aceh Singkil, H. Saifuddin, SE menyeberangi sungai selama 1 jam menuju KUA Kuala Baru. Didampingi Kasi Bimas Islam, Hendra Sudirman, S. Sos I, dan juga staff serta Kepala KUA Kuala Baru, Ajizar, S. Ag bersama staff.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Aceh Singkil memimpin langsung Monitoring dan Supervisi PNBP NR  akhir Tahun 2021 di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kuala Baru, Rabu (10/11)

Tujuan dari monitoring dan supervisi  yang dilaksanakan rutin ini adalah antara lain pemeriksaan administrasi pencatatan nikah periode  2021, pemeriksaan LPJ KUA serta melihat dan mengevaluasi KUA dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Pria yang akrab disapa Yahwa ini, dalam arahannya mengatakan, Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif atas PNBP yang berlaku pada Kementerian Agama, dan Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor DJ.III/304 Tahun 2016 tentang petunjuk Teknis pengelolaan PNBP atas Biaya Nikah atau Rujuk di luar Kantor juga tidak lepas dari penjelasannya.

“Dengan monev ini, kami ingin memastikan jika KUA melakukan pengelolaan administrasi pencatatan Nikah dengan baik dan melihat kepatuhan KUA kecamatan atas aturan yang berlaku dalam hal pendapatan negara bukan pajak atas biaya nikah dan realisasi biaya operasional KUA.” tutupnya.

Hendra Sudirman, S. Sos.I, mengatakan bahwa kegiatan Monitoring dan Supervisi ini dilakukan intinya dalam rangka mengukur kinerja Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dalam pelayanan terhadap masyarakat. Selain itu, tujuan lainnya ialah untuk memberikan bimbingan dalam tata kelola administrasi di Kantor KUA Kecamatan

“Insya Allah pada tahun ini, semua KUA kita kunjungi dan melihat secara langsung kelengkapan administrasi dan pelayan serta pembinaan terhadap penyuluh agama islam,” ucap Hendra Sudirman.

Selain melakukan monev, dihari itu kepala kantor Kemenag, Saifuddin juga menjadi saksi dalam sebuah akad nikah yang berlangsung di balai nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Kuala Baru, Aceh Singkil.

x

Check Also

Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Singkil Hadiri FGD dan Bimbingan Teknik Optimalisasi Kinerja Anggaran 2024 di KPPN Tapak Tuan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Azhar, S.Ag, M.A, hadiri kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) dan Bimbingan Teknik ...