Home / Berita / Tingkatkan Manajemen dan Layanan, Bimas Islam Kemenag Aceh Singkil Monev dan Supervisi PNBP

Tingkatkan Manajemen dan Layanan, Bimas Islam Kemenag Aceh Singkil Monev dan Supervisi PNBP

 

Aceh Singkil — Kantor Kementerian Agama Kab. Aceh Singkil melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) melakukan Monitoring dan Supervisi PNBP NR Triwulan akhir Tahun 2021 di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gunung Meriah dan Kecamatan Singkil Utara, Selasa (09/11)

Tujuan dari monitoring dan supervisi yang dilaksanakan rutin ini adalah antara lain pemeriksaan administrasi pencatatan nikah periode 2021, pemeriksaan LPJ KUA serta melihat dan mengevaluasi KUA dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Terkait pengunaan anggaran yang bersumber pada PNBP, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, H. Saifuddin, SE berpesan kepada Kepala KUA, untuk dapat menggunakan anggaran tersebut sesuai dengan Juknis serta membuatkan laporan pertanggung jawabannya sesuai dengan realita penggunaan anggaran yang sebenarnya.

“Jadi penggunaan anggaran PNBP oleh pihak KUA ini harus sesuai dengan Juknisnya, tidak boleh pihak KUA memutar atau mengalihkan anggaran PNBP itu yang tidak sesuai dengan Juknisnya”, ujar Kepala Kantor.

“dan jangan lupa LPJnya harus dibuat serapi mungkin dan harus melampirkan bukti penggunaan anggarannya seperti nota belanja serta kuitansinya harus sesuai dengan realitas di lapangan”.

Kemudian lanjutnya. Sedangkan terkait dengan penggunaan buku nikah, Kepala Kantor mengatakan bahwa pengeluaran buku nikah harus sesuai dengan aturannya, dalam arti kata data yang ada di Simkah terkait pencatatan pernikahan harus sama dengan data yang dicatat terkait pengeluaran penggunaan buku nikah tersebut.

Sementara itu, Kasi Bimas Hendra Sudirman, S. Sos I mengatakan bahwa kegiatan Monitoring dan Supervisi ini dilakukan intinya dalam rangka mengukur kinerja Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dalam pelayanan terhadap masyarakat. Selain itu, tujuan lainnya ialah untuk memberikan bimbingan dalam tata kelola administrasi di Kantor KUA Kecamatan

“Insya Allah pada tahun ini, semua KUA kita kunjungi dan melihat secara langsung kelengkapan administrasi dan pelayan serta pembinaan terhadap penyuluh agama islam,” ucap Hendra Sudirman

Dalam supervise dan pembinaan kali ini Kasi Bimas Islam, menekankan agar meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, namun harus tetap menjaga protokol kesehatan, penyuluh juga diminta untuk rutin memberikan bimbingan keagamaan serta menangkal isu-isu dan berita yang tidak jelas sumbernya, serta memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat.

x

Check Also

Kontingen Aceh Singkil Raih Juara 6 Pentas PAI ke V Tingkat Provinsi Aceh

  Banda Aceh — Kontingen Kabupaten Aceh Singkil meraih peringkat ke-6 Lomba Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS ...