Home / Kemenag / Buka Pentas PAI, Kakankemenag Aceh Singkil Harap Wujudkan Generasi Sehat, Cerdas, Moderat, dan Berakhlak Mulia

Buka Pentas PAI, Kakankemenag Aceh Singkil Harap Wujudkan Generasi Sehat, Cerdas, Moderat, dan Berakhlak Mulia

Gunung Meriah — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Saifuddin, SE membuka serta sekaligus berikan arahan pada pembukaan kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Kabupaten Aceh Singkil di UPTD SPF SMP Negeri 1 Gunung Meriah. Rabu, 21/06/2023

Momen pembukaan ini kakankemenag Aceh Singkil turut di dampingi ketua DWP Kemenag Aceh Singkil Hj. Yasmaidar, SE, beserta personil dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil.

Turut juga berhadir Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Sriaton Manik, S.Pd., Ketua Majelis Pendidikan Kabupaten Aceh Singkil Ustadz Nasrin, S.Pd.I. Ketua AGPAII Aceh Singkil Ustadz M. Yusuf, S.Ag., serta Para Dewan Hakim, Pendamping dan Peserta pada Pentas PAI Tingkat Kabupaten Aceh Singkil Tahun 2023.

Bertindak sebagai Ketua Pelaksana Pada Pentas PAI Tingkat Kabupaten Aceh Singkil, Kasi Pendis Kamaluddin, SE dalam laporannya menyampaikan bahwa Pentas PAI kali ini diikuti setiap jenjang SD, SMP, SMA/SMK dalam wilayah Kabupaten Aceh Singkil.

” Adapun jumlah peserta yang mengikuti pentas PAI pada kesempatan ini sebanyak 15 Sekolah untuk tingkat SD, sebanyak 21 Sekolah untuk tingkat SMP, sebanyak 6 Sekolah untuk Tingkat SMA/SMK, sehingga total siswa yang berpartisipasi pada kesempatan ini sebanyak 225 siswa.” Tutur Kamal

Kasi Pendis selaku ketua Pelaksana Pentas PAI Tingkat Kabupaten Aceh Singkil menyampaikan bahwa Dana Pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari Dana Pemerintah Daerah Aceh Singkil melalui DPA-SKPK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil Tahun 2023.

Selanjutnya Kakankemenag Aceh Singkil H. Saifuddin, SE menyampaikan sambutannya bahwa Pentas PAI ini merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu dan mengembangkan Pendidikan Agama Islam, pendalaman kandungan Al-Qur’an dan penghayatan terhadap seni Islami.

“Upaya pemahaman dan penghayatan Alquran tidak boleh berhenti sampai di sini. kegiatan Pentas PAI yang sangat bagus ini akan menjadi sia-sia, apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah-tengah masyarakat. Oleh karenanya diperlukan perhatian dan keterlibatan serta tanggung jawab seluruh komponen umat dan pemerintah agar penyelenggaraan Pentas PAI ini memberi manfaat dan pengaruh positif yang dirasakan secara nyata, terukur dalam perkembangan kehidupan bermasyarakat.” Ujar Yahwa

Selanjutnya H. Saifuddin, SE melanjutkan bahwa sesuai dengan tujuannya semoga Pentas PAI ini mampu meningkatkan daya saing dalam era perkembangan teknologi dan informasi namun tetap membumi dengan karakter sebagai insan beriman dan bertakwa.

“Kita berharap agar semangat untuk memahami, menghayati untuk selanjutnya mendalami isi dan mengamalkan ajaran Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya tumbuh dan layu untuk semusim. Mudah-mudahan hasil dari kegiatan Pentas PAI ini dapat menambah wawasan, penghayatan dan cinta anak-anak kita terhadap Al Quran”. Harap Yahwa.

Di akhir sambutan sebelum membuka kegiatan H. Saifuddin,SE mengatakan berlombalah dan jalin silatuhami dengan sesama peserta. Tunjukkan prestasi terbaik dan menjunjung tinggi sportivitas. Semoga kita semua selalu dlm lindungan Allah swt serta semua yg kita laksanakan hari ini menjadi penambah timbangan amal baik kita di yaumil akhir.

Pada kegiatan Pekan Keterampilan Dan Seni Pendidikan Agama Islam atau yang akrab di dengar Pentas PAI ini memperlombakan 8 cabang lomba diantaranya Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) , Musabaqoh Hifdzhil Qur’an (MHQ), Lomba Pidato PAI (LP-PAI), Lomba Cerdas Cermat (LCC), Lomba Kaligrafi Islami (LKI), Lomba Seni Nasyid (LSN)dan Lomba Debat PAI (LDP).

x

Check Also

Kankemenag Aceh Singkil Hadiri Upacara Tahunan Ke V Khutbatul- I ‘Arsy Pekan Perkenalan Pondok Pesantren Darur Rasyid

Simpang Kanan – Kepala Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Azhar, S.Ag, M.A  hadiri upacara tahunan Ke V Khutbatul – ...