Home / Kemenag / Bina Calon Pengantin, KUA Gunung Meriah Bersinergi Dengan PLKB dan Puskesmas Persiapkan Keluarga Sakinah dan Sejahtera

Bina Calon Pengantin, KUA Gunung Meriah Bersinergi Dengan PLKB dan Puskesmas Persiapkan Keluarga Sakinah dan Sejahtera

Bina Calon Pengantin; KUA Gunung Meriah Bersinergi dengan PLKB dan PUSKESMAS Persiapkan Keluarga Sakinah Dan Sejahtera. Bertempat di Aula KUA Kec. Gunung Meriah, Rabu 5 Juni, diselenggarakan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin, yang diselenggaraakan oleh KUA Kecamataan Gunung Meriah bersama PLKB dan Puskesmas.

Dihadapan peserta catin yang hadir disampaikan Materi-materi meliputi Hukum Munakahat dan Undang Undang Perkawinan, Manajemen dan Perencanaan Anak menuju keluarga sejahtera,  kesehatan dan gizi dalam keluarga dan pencegahan stunting, dan diakhiri dengan Praktek prosesi ijab Qobul. Dimana pemateri – pemateri nya antara lain langsung Kepala KUA Kecamatan Gunung Meriah, H. Sabaruddin, M. Ag, Koordinator PLKB Gunung Meriah, Hj. Asmidar, S. Ag, Putri Marla, M. cb dari Puskesmas Gunung Meriah, serta Penyuluh Agama Islam KUA Gunung Meriah, Ustadz Asmuddin, S. H. I, MM dan Cut Efia, S. H I.

Dalam pembukaan acara H. Sabaruddin mengatakan bahwa KUA Gunung Meriah mewajibkan setiap calon pengantin untuk Bimbingan Calon Pengantin. Terlebih menyahuti Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Provinsi Aceh yang dimulai tanggal 5 Juni ini.

“Melalui sinergi bimbingan perkawinan bersama PLKB, Puskesmas dan pihak-pihak lain, kita berharap akan terwujud keluarga sakinah yang mandiri dan sejahtera. Kedepan akan terus ditingkatkan pola kerjasama dan metodanya sehingga bisa lebih efektif dalam menggapai tujuan bersama membekali calon pengantin didalam membentuk keluarga yang unggul, harmonis, sakinah, mawaddah wa rahmah. ” Ucap nya

Sementara Hj. Asmidar, koordinator Penyuluh KB Kecamatan Gunung Meriah menyambut baik pelaksanaan bimbingan perkawinan yang dilakukan bersama KUA dan Puskesmas ini.

Karena sangat membantu PLKB memberikan penyuluhan mengenai stunting kepada calon Pasangan Pengantin  sebelum mereka melakukan pernikahan, dimana stunting tersebut dapat di cegah dari calon pasangan pengantin dengan memeperhatikan kadar Hb, lingkar lengan, Lingkar Perut, Tinggi Badan dan berat Badan, yang nanti dimasukkan kedalam Aplikasi Elsimil.

“Kami sangat berterima kasih kepada KUA telah memfasilitasi Bimbingan Catin ini dimana harapan nya, setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi lebih paham apa sebenarnya yang dimaksud stunting itu, penyebab nya dan cara menanggulanginya” Tutupnya.

x

Check Also

Jamaah Haji Aceh Singkil Berangkat Hari ini Menuju Embarkasi Banda Aceh

Jamaah Haji Aceh Singkil hari ini berangkat menuju Embarkasi Banda Aceh. Jum’at, 7 Juni 2024. Serangkaian proses keberangkatan diawali dengan ...