Home / Berita / Tim Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Lakukan Monitoring dan Evaluasi Program Kampung Zakat

Tim Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Lakukan Monitoring dan Evaluasi Program Kampung Zakat

Danau Paris, Senin (13/6/2022)

Program kampung zakat sudah berjalan dua tahun sejak di lakukan launching pada bulan desember 2019 yang lalu.

Didampingi Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil Khasi’ah, S. Ag. MM, Tim Kanwil Kemenag Provinsi Aceh lakukan Monitoring dan Evaluasi program kampung zakat di Desa Situbuh-tubuh Kecamatan Danau Paris.

Sasaran dari program ini adalah daerah tertinggal, harapannya kedepan desa yang ditunjuk sebagai pilot projek mampu menjadi contoh bagi desa yg lain dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat, hal ini di sampaikan oleh bapak Mahdi Puteh dalam sambutannya, walaupun program ini diberi waktu selama tiga tahun, pada tahun berikutnya apapun usaha yg sedang berjalan agar dapat diteruskan, sehingga suatu saat nanti warga kampung situbuh-tubuh ini tidak lagi sebagai penerima manfaat (mustahik) akan tetapi mampu sebagai pemberi manfaat (muzakki).

Kita semua patut bersyukur beberapa warga sudah memiliki usaha sendiri, baik itu usaha ternak maupun usaha jualan kecil-kecilan.

Terdapat beberapa orang warga sudah memiliki Fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) bantuan Menteri Kesehatan, sumber air bersih yag telah dinikmati warga dengan masuknya PDAM.

Diwaktu yang sama selama dua hari, Dompet Dhuafa yang diketuai oleh Rizki Fauzan melakukan kegiatan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan khitan ceria untuk warga situbuh-tubuh serta pelatihan kader kesehatan.

Kegiatan ini juga merupakan program kampung zakat dibidang kesehatan, peningkatan perekonomian harus juga didukung dengan peningkatan kesehatan masyarakatnya. Oleh sebab itu perlu dipersiapkan kader-kader yg ahli, tangguh dan cekatan untuk membantu warga dalam melakukan pelayanan demi terwujudnya kampung zakat yang menjadi tujuan dari Program Percontohan dari Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

x

Check Also

Penandatangan Ikrar Wakaf Sebidang Tanah di Desa Tanah Bara

Pejabat Pembuat Akta Ikrar wakaf (PPAIW) KUA Kecamatan Gunung Meriah H.Sabaruddin,M.Ag didampingi Penyuluh Agama Islam hadiri pelaksanaan dan penandatanganan Ikrar ...