Home / Berita / Sebrangi Sungai, Kasi Pendis Beserta tim Verifikasi Lapangan Ijin Operasional Pondok Pesantren 

Sebrangi Sungai, Kasi Pendis Beserta tim Verifikasi Lapangan Ijin Operasional Pondok Pesantren 

 

Kuala Baru – Kasi Pendis Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil Kamaluddin, SE beserta staf melaksanakan Verifikasi lapangan ijin operasional Pondok Pesantren Rahmatul Ummah Kecamatan Kuala Baru . Sabtu, 12 Februari 2022 M/11 Rajab 1443 H.

Turut serta dalam monev tersebut Kabid Dayah Dinas Syari’at Islam Aceh Singkil Putri Juliana, S.Pd, Ketua Pokjawas Damurianto, S.Pd.I., MM. serta staf dari seksi Pendis maupun dari Bidang Dayah Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Singkil.

Perjalanan menuju kuala baru di tempuh selama kurang lebih 40 menit menggunakan Perahu Kayu atau yg sering di sebut masyarakat Singkil Robin.

Kedatangan tim dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil dan Dinas Syariat Islam dan Dayah Aceh Singkil di sambut hangat oleh Kades Suka Jaya, Kades Kuala Baru Sungai, Pimpinan Ponpes Rahmatul Ummah Ustadz Asnawi serta para guru dan santri Pondok Pesantren.

Kasi Pendis Kamaluddin, SE mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk melihat kondisi langsung pondok pesantren yang akan di terbitkan Ijin Operasionalnya.

” Verifikasi lapangan ini sebagai tindak lanjut atas usulan permohonan dari Ponpes Raudhatul Ummah yang di tujukan ke Kankemenag Aceh Singkil, Untuk itu ini kita sahuti dan akan kita proses pangajuannya serta akan segera kita upayakan secepatnya terbit Ijin Operasional Pondok Pesantren ini.” Tegas Kamal

Selanjutnya Kasi Pendis Kamaluddin, SE berharap agar Pondok Pesantren ini mampu terus berbenah dan mampu memenuhi standar standar yang di tetapkan oleh Pemerintah guna meningkatkan kualitas pondok pesantren yang ada di Aceh Singkil khususnya Kuala Baru ini.

“Teruslah berbenah, perbaiki apa yang kurang dan tingkatkan mutu pembelajaran sehingga dapat mencetak lulusan yang berkualitas baik dari segi keilmuan maupun akhlak”. Harap Kamal

Lebih lanjut kamal mengatakan bahwa kerjasama antara Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil dengan Dinas Syariat Islam dan Dayah Aceh Singkil akan terus berjalan terkhusus bidang pendidikan Pondok Pesantren/Dayah agar tidak ada lagi yg tidak memiliki Ijin Operasional sehingga ini juga menjadi dasar bagi badan Dayah untuk memberikan bantuan bagi Pondok Pesantren yg memiliki Ijin Operasional di Aceh Singkil.

Sementara itu ditempat yang sama Kabid Dayah Putri Juliana, S.Pd berterima kasih atas kerjasama dari Kankemenag Aceh Singkil yang telah membantu dan mengikutsertakan kami dalam pengurusan Pondok Pesantren ini.

“Kerjasama antara DSI dan Kankemenag akan terus berjalan sehingga dengan sinergitas ini mampu membangun keharmonisan antara lembaga dan memajukan Pondok Pesantren yang ada di Aceh Singkil”. Tutur Putri

Tidak habis sampai disini, Kasi Pendis beserta Ketua Pokjawas dan Staf Pendidikan melanjutkan agenda selanjutnya untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi guru PAI Sekolah yang ada di Kecamatan Kuala Baru.

Kasi Pendis dalam arahahannya mengatakan Guru PAI saat ini harus terus berupaya dan beradaptasi dan respon terhadap perkembangan teknologi.

” Guru PAI harus mampu respon terhadap perkembangan teknologi dikarenakan sekarang sistemnya sudah aplikasi semua untuk itu kami berharap ini terus di tingkatkan”. Tegas Kamal

Di tempat yang sama Ketua Pokjawas juga mengatakan Guru PAI saat ini harus mampu mengubah dan membuat perubahan dari segi pembelajaran karena anak anak sekarang sudah lebih cenderung lebih aktif menggunakan smartphone.

” Anak anak sekarang di sibukkan dengan main game online dan penggunaan gadget yang berlebihan sehingga ini bisa menjadi pemicu turunnya moral dan akhlak, untuk itu mari sama sama kita ingatkan anak kita dan kita ubah perilaku nya ke arah yang di ajarkan Rasulullah SAW yaitu Akhlaqul Karimah”. Harap Damurianto

Secara keseluruhan kunjungan hari ini pada umumnya bertujuan untuk melihat sejauh mana perkembangan Pondok Pesantren Pendidikan dan Guru PAI yang ada di Kuala Baru, Harapan bersama agar ini menjadi motivasi bagi Pondok Pesantren agar lebih berbenah untuk meningkatkan kualitasnya dari segala aspek guna menjadikan Ponpes yang berkualitas.

x

Check Also

Penandatangan Ikrar Wakaf Sebidang Tanah di Desa Tanah Bara

Pejabat Pembuat Akta Ikrar wakaf (PPAIW) KUA Kecamatan Gunung Meriah H.Sabaruddin,M.Ag didampingi Penyuluh Agama Islam hadiri pelaksanaan dan penandatanganan Ikrar ...