Home / Berita / Percepat Sertifikasi Tanah Wakaf, Kemenag lakukan MoU dengan Kantor Pertanahan Aceh Singkil

Percepat Sertifikasi Tanah Wakaf, Kemenag lakukan MoU dengan Kantor Pertanahan Aceh Singkil

 

Singkil – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, H. Saifuddin, SE bersama dengan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Singkil, Muhammad Reza, ST, M. Si tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman Tentang Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf di Aula Kemenag Aceh Singkil. Rabu (25/08/2021).

MoU antara kedua belah pihak ini merupakan tidak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Kementerian Agama Republik Indonesia dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPH Nomor 9/SKB/V/2015 instruksi Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN No. 9 Tahun 2015 serta No. 9/SKB/V/2015.

Kakankemenag Kabupaten Aceh Singkil, Saifuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat mengapresiasi sekali MoU ini dengan pihak Kantor Pertanahan Aceh Singkil. Menurutnya ini adalah salah satu terobosan yang mungkin belum semua di lakukan oleh Kabupaten lain, terlebih untuk menjaga aset dan percepatan sertifikasi tanah tanah wakaf.

Pria yang akrab disapa Yahwa ini juga menambahkan bahwa untuk mekanisme pengurusan pembuatan sertifikat tersebut akan secara detail dijelaskan atau disampaikan langsung dari pihak Kantah Aceh Singkil“ Mudah-mudahan kerja sama ini akan terus berkesinambungan, “ pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Pertanahan Aceh Singkil Muhammad Reza mengatakan Kantor Pertanahan mempunyai tugas dan fungsi melakukan pengaturan, penetapan, dan pendaftaran hak-hak atas tanah.

“Percepatan dalam proses sertifikasi tanah ini dalam rangka memberikan jaminan dan kepastian hukum atas tanah tersebut,” terang Muhammad Reza.

Muhammad Reza menambahkan bahwa kita akan proses tanah wakaf ini secara cepat apabila ” Clean and Clear ” dengan syarat dokumen yang lengkap objek yang jelas tidak bersangketa maka dengan MoU ini kita akan permudah untuk proses sertifikasinya.

Dengan di adakannya penandatanganan Nota Kesepahaman ini semua tanah yang belum bersertifikat dapat di sertifikasi.

“Tanah yang belum bersertifikat harus segera di urus prosesnya sehingga tanah yang belum bersertifikasi dapat disertifikasi,” pungkasnya.

Selain penandatanganan nota MoU antara Kantor Kemenag dan Kantor Pertanahan Aceh Singkil ini pada hari itu juga dilaksanakan sosialisasi Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf dan Pembinaan PPAIW ( Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf ) sekaligus juga penyerahan Sertifikat Tanah Wakaf yang sudah siap.

Setelah penandatangan MoU tersebut, kegiatan di lanjutkan dengan sosialisasi Percepatan Sertifikasi tanah wakaf dan Pembinaan PPAIW yang akan di bahani oleh Dari pihak Kantah Singkil dan Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf Kemenag Aceh Singkil.

Kegiatan tersebut ikuti oleh seluruh kepala KUA sebagai PPAIW dan juga operator tanah wakaf di KUA Kecamatan se- Kabupaten Aceh Singkil, serta pejabat dari Kemenag Aceh Singkil dan dari Kantor Pertanahan Aceh Singkil.

x

Check Also

Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Singkil Hadiri FGD dan Bimbingan Teknik Optimalisasi Kinerja Anggaran 2024 di KPPN Tapak Tuan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Azhar, S.Ag, M.A, hadiri kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) dan Bimbingan Teknik ...