Home / Berita / Penundaan Ibadah Haji 1441 H, 26 Jamaah Haji Aceh Singkil Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Penundaan Ibadah Haji 1441 H, 26 Jamaah Haji Aceh Singkil Gagal Berangkat ke Tanah Suci

 

Singkil (shr) – Pemerintah resmi mengumumkan penundaan Ibadah Haji tahun 1441 H/2020 M. Sebanyak 4.187 Jamaah Haji Aceh batal berangkat ke tanah suci karena Pandemi Virus Covid-19 yang masih melanda dunia. Total Kuota Aceh pada tahun 2020, berjumlah 4.378 sedangkan Jamaah yang terdampak hanya 4.187 jamaah, sebab ada beberapa yang tidak melunasi biaya BIPIH.

Di Aceh Singkil Jamaah haji yang batal berangkat ke tanah suci sebanyak 26 jamaah sedangkan jamaah cadangan sebanyak 16 orang. Rabu, (03/06).

Seksi PHU Kemenag Aceh Singkil sudah melakukan beberapa tahapan terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M diantaranya, penyelesaian dokumen pasport dan pemeriksaan kesehatan telah selesai dilaksanakan.

Seluruh jamaah juga sudah melakukan pelunasan BIPIH (Biaya Perjalanan ibadah haji) yakni tahap satu berjumlah 24 jamaah haji reguler dan di tahap kedua sebanyak 16 jaamah haji cadangan.

Istadi Putra, M.Ag selaku Kasi PHU Kemenag Aceh Singkil mengatakan, “ini merupakan langkah tepat dari pemerintah yang mentiaadakan haji pada tahun ini, karna tidak mungkin dilakukan ditengah wabah Virus Covid-19 yang masih melanda dunia pada saat ini”.

Ia juga menambahkan, “Ibadah haji adalah panggilan mampu secara ekonomi, istitha’ah dan dilakukan dalam kondisi yang aman dan selamat. Ini juga sesuai dengan amanat undang-undang no 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yakni ada tiga aspek yang menjadi tanggung jawab pemerintah kepada jamaah yaitu pembinaan, pelayanan dan perlindungan”. Katanya.

x

Check Also

Era New Normal, Bimas Islam Kemenag Aceh Singkil Gelar Binwin Pranikah Angkatan Pertama

  Singkil (shr) – Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Aceh Singkil gelar Bimbingan Perkawinan Pranikah masa (New Normal) yang bertempat ...