Home / Berita / Kunjungi Madrasah Inovasi, Tim Kanwil Lakukan Pendampingan Mutu Madrasah

Kunjungi Madrasah Inovasi, Tim Kanwil Lakukan Pendampingan Mutu Madrasah

 

Singkil — Tim Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh melakukan monitoring dan evaluasi program peningkatan mutu di Tiga Madrasah inovasi Aceh Singkil yakni MAN Aceh Singkil, MTsN 1 Aceh Singkil dan MIN 1 Aceh Singkil, Kamis, 23/12/2021

Monev ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas di tetapkannya 3 Madrasah di Aceh Singkil sebagai Madrasah Inovasi.

Pada Kesempatan ini turun langsung Drs. Mardin, MA (Dosen UIN Ar Raniry) dan Wildan El Fadhil, S. Ag ( Staf Humas Kanwil Kemenag Provinsi Aceh) untuk melihat sejauh mana inovasi-inovasi yang telah di buat dan dilaksanakan oleh Madrasah pasca ditetapkannya sebagai madrasah inovasi.

Dalam monev ini Drs. Mardin, MA mengatakan program inovasi madrasah ini harus lah bersifat mutakhir dengan inovasi inovasi yang berbasis teknologi sehingga madrasah madrasah kita di Aceh ini Khususnya Aceh Singkil tidak ketinggalan.

“Madrasah harus berupaya untuk membuat inovasi inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kapasitas madrasahnya seperti dengan penggunaan Teknologi dalam pembelajaran, Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru dan siswa, kegiatan tahfidz dan kegiatan ekstrakurikuler dan masih banyak lainnya. Tuturnya

Lebih lanjut mardin mengatakan program inovasi itu haruslah terprogram, sistematis, dan ada rutinitas sehingga mutu dan kapasitas madrasah lebih meningkat.

Di tempat yang sama Wildan menyampaikan bahwa Madrasah juga harus menerapkan program pembelajaran berbasis aplikasi apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini di yang cenderung lebih banyak daring daripada tatap muka.

“Sebaiknya madrasah harus lebih bekerja keras di tengah pandemi ini dengan membuat program program yang berbasis IT guna menunjang proses pembelajaran. Tuturnya.

Tidak tuntas setelah kunjungan ke Madrasah, Tim kanwil melanjutkan pendampingan nya dengan mengundang 3 Kepala Madrasah untuk Hadir di Aula Kantor Kemenag dalam rangka diskusi tentang pengembangan mutu Madrasah.

Berhadir dalam diskusi tersebut Kepala MAN Aceh Singkil Elni Afrida, S.Si, Kepala MTsN 1 Aceh Singkil Rahimansyah, S. Ag dan Kepala MIN 1 Aceh Singkil yang di Wakili Oleh Nurhuda, S.Pd.I.

Tujuan di lanjutkannya kegiatan ini untuk mengevaluasi dan menampung kendala-kendala di Madrasah misalnya dalam kompetensi guru madrasah, dalam menulis karya ilmiah, maka akan direkomendasikan untuk dibenahi dan diprogramkan ke depannya.

x

Check Also

Penandatangan Ikrar Wakaf Sebidang Tanah di Desa Tanah Bara

Pejabat Pembuat Akta Ikrar wakaf (PPAIW) KUA Kecamatan Gunung Meriah H.Sabaruddin,M.Ag didampingi Penyuluh Agama Islam hadiri pelaksanaan dan penandatanganan Ikrar ...