Home / Kemenag / KUA KEC. SINGKIL GELAR BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH BAGI CALON PENGANTIN ANGKATAN I

KUA KEC. SINGKIL GELAR BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH BAGI CALON PENGANTIN ANGKATAN I

Singkil- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pra Nikah Bagi Calon Pengantin Angkatan I, Senin (22/05/2023) bertempat di Aula KUA Kecamatan Singkil selama dua hari. Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil Jamhuri, SHI dalam sambutan pembukannya mengatakan bahwa, “Kegiatan Bimwin ini adalah merupakan ikhtiar pemerintah dalam melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi dimasyarakat, melalui kegiatan ini diharapkan setiap Calon Pengantin (Catin) bisa membangun keluarga dengan pondasi yang kokoh, karena banyak pasangan calon pengantin yang belum tahu cara mengelola keluarga. “tuturnya.

Lebih lanjut Jamhuri menyampaikan hendaknya setiap pernikahan harus di landasi dengan niat yang tulus yaitu menjalankan sunah rasul. Setiap pernikahan haruslah dipersiapkan secara matang oleh calon pengantin, wawasan keilmuan perkawinan dalam mengarungi bahtera rumah tangga mesti dikuasai, dan yang terpenting niat menikah itu untuk menjalankan sunah rasul dan beribadah kepada Allah SWT,” tandasnya

Program Bimwin dilaksanakan tanpa dipungut biaya dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten diantaranya dari Kasubbag TU Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, Jamhuri, SHI  dengan materi Kebijakan Pemerintah dalam kegiatan Bimwim bagi catin, dari Puskesmas  Kecamatan Singkil, Ibu Rosmiyanti dengan materi menjaga kesehatan reproduksi,, dari Fasilitator Bimwim Ajizar, S.Ag dengan materi mempersiapkan keluarga sakinah. dan dinamika Keluarga, dan dari PLKB Kecamatan Singkil ibu Imelda dengan materi mempersiapkan generasi berkualitas.

Kepala KUA Kecamatan Singkil yang sekaligus sebagai ketua panitia kegiatan ini menyebutkan bahwa tujuan pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada calon pengantin agar lebih siap mental dalam membangun dan membina keluarga.

“ Sesuai petunjuk teknisnya, Bimwin ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam membangun keluarga sakinah,” kata Dermawansyah.

Kegiatan diakhiri dengan harapan dari Kepala KUA Kec. Singkil “dengan dilaksanakan Bimwin ini kami harap setiap calon pengantin memiliki pengetahuan dan persiapan berkeluarga sehingga bisa membangun keluarga yang Samawa, “tutupnya.

 

x

Check Also

Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Singkil Hadiri FGD dan Bimbingan Teknik Optimalisasi Kinerja Anggaran 2024 di KPPN Tapak Tuan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Azhar, S.Ag, M.A, hadiri kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) dan Bimbingan Teknik ...