Home / Berita / Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Singkil Hadiri Rapat Koordinasi Yankomas

Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Singkil Hadiri Rapat Koordinasi Yankomas

 

Singkil – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil dalam hal ini Kasi Bimas Islam, Hendra Sudirman, S. Sos I, menghadiri rapat koordinasi Pelayanan Komunikasi Masyarakat ( Yankomas) yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh bertempat di Aula Setdakab Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (10/06/2021).

Rapat dipimpin langsung oleh Kabag Hukum Kanwil Kemenkumham Aceh, Asmaruddin, SH, dihadiri oleh Kepala Rutan Singkil, Ketua Yara Aceh Singkil, Polres Aceh Singkil, Kementerian Agama, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas terkait lainnya

Rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti dugaan permasalahan HAM yang bersumber dari media online, terkait dengan pencemaran Lingkungan oleh PT. Ensem Lestari di Kecamatan Simpang Kanan.

Dimana Ketua Yara perwakilan Aceh Singkil, Kaya Alim menyayangkan pihak DLHK tidak mempublish sanksi administratif yang diterapkan kepada PT Ensem Lestari, agar tidak menjadi bias di masyarakat.

Bapak Asmaruddin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Yankomas, merupakan upaya pemerintah untuk mendorong penyelesaian dugaan pelanggaran hak asasi manusia sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Bahwa perlindungan, pemajuan, penegakan dan Pemenuhan Hak Asasi Manusia terutama menjadi Tanggung Jawab Pemerintah. Pemerintah mendorong penyelesaian Permasalahan Hak Asasi Manusia yang terjadi di Masyarakat.

Diharapkan melalui rapat koordinasi dapat terbangun sinergisitas terkait permasalahan HAM didaerah, mengingat permasalahan HAM yang terjadi di masyarakat merupakan tugas dan tanggung jawab bersama melalui kanwil Kemenkumham Aceh dan pemerintah Kabupaten dan Kota. Dalam hal ini antara pihak PT. Ensem Lestari, DLHK, YARA serta masyarakat.

Hendra Sudirman, menyatakan bahwa Kemenag Aceh Singkil berharap besar semoga dengan rapat kordinasi ini diharapkan dapat memberikan masukan sesuai bidang masing-masing yang dapat di jadikan bahan kajian untuk menyusun rekomendasi yang merupakan bagian solusi atas permasalahan yang terjadi antara kedua belah pihak terkait serta yang utama untuk kepentingan masyarakat banyak. Harapnya

x

Check Also

ASN Kemenag Singkil Launching Program Infaq 1000 Rupiah Perhari

Singkil – Infaq berasal dari bahasa Arab yaitu anfaqa-yunfiqu yang berarti membelanjakan harta atau membiayai suatu hal yang berhubungan dengan ...