Home / Kemenag / Kankemenag Aceh Singkil Ukur Arah Kiblat di Masjid Al Mujahidin Singkohor

Kankemenag Aceh Singkil Ukur Arah Kiblat di Masjid Al Mujahidin Singkohor

Tim Pengukuran arah kiblat dari Kemenag Aceh Singkil yang dipimpin oleh Ustadz Khairuddin, S.Ag yang juga sebagai Kepala KUA Kecamatan Singkohor serta di dampingi Purwanto,SH, Penyuluh Agama Islam Fungsional kembali melakukan pengukuran arah kiblat untuk pembangunan masjid baru yaitu di Masjid Al Mujahidin Kampung Singkohor. Kamis 20 Juli 2023.

Khairuddin, yang juga sebagai Kepala KUA Singkohor ini merupakan salah satu penghulu di Aceh Singkil yang selain bertugas mencatat Nikah, piawai memberikan materi bimbingan pra perkawinan juga ahli di bidang pengukuran arah kiblat.

Khairuddin, selaku ketua tim ukur arah kiblat tersebut menyampaikan bahwa beliau hari ini di minta untuk mengukur arah kiblat oleh Kepala seksi Bimas Islam Kemenag Aceh Singkil dalam rangka mengukur arah kiblat Masjid Al Mujahidin Kampung Singkohor sesuai permintaan dari BKM Masjid Al Mujahidin.

Sementara itu Purwanto sebagai pendamping menyampaikan hasil ukur arah kiblat bahwa pengukuran di lakukan pada lokasi 2° 31’ 19,6” Lintang Utara dan 97° 55’ 26,7” Bujur Timur.

Bedasarkan hasil pengukuran tim pada pukul 12:18.10 WIB, azzimuth kiblat lokasi tersebut adalah 293° 28’ 34” adapun selisih arah kiblat dari posisi matahari pada pukul 12:18.10 WIB adalah -78° 49’ 21”.

Pengukuran arah kiblat ini di saksikan langsung oleh BKM  bapak Suharlan dan panitia Pembangunan Masjid Al Mujahidin Bapak Satino dan sejumlah tokoh masyarakat.

x

Check Also

Penandatangan Ikrar Wakaf Sebidang Tanah di Desa Tanah Bara

Pejabat Pembuat Akta Ikrar wakaf (PPAIW) KUA Kecamatan Gunung Meriah H.Sabaruddin,M.Ag didampingi Penyuluh Agama Islam hadiri pelaksanaan dan penandatanganan Ikrar ...