Home / Berita / Dirjen Pendis Kemenag RI Adakan Bimtek Penerima Bantuan RKB, REHAB dan BOP Pendidikan Al-Qur’an

Dirjen Pendis Kemenag RI Adakan Bimtek Penerima Bantuan RKB, REHAB dan BOP Pendidikan Al-Qur’an

 

Banda Aceh — Berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: B-4123/DJ.I/Dt.I.V/HM.01/11/2021, tanggal Jakarta 15 Nopember 2021, Perihal Bantuan RKB, REHAB, dan BOP Pendidikan Al-Qur’an kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi c.q. Kepala Bidang Pondok Pesantren/PAKIS/TOS untuk melaksanakan Bimtek, maka Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pontren Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh mengadakan Bimtek yang dilaksanakan diruang kerja Pendidikan Diniyah dan Pontren dengan pemateri Bapak Agus Fathullah  sebagai sarana dan Prasarana pada Subdit Pendidikan Al-Qur’an Kementerian Agama RI.

Dalam Bimtek tersebut dihadiri Kasi TPQ, Muzakir dan beberapa staf pada Pondok Pesantren/PAKIS/TOS, Para Pimpinan TPQ penerima bantuan Pembangunan Ruang Kelas, Rehabilitasi Ruang Belajar, dan Bantuan Operasional Pendidikan Al-Qur’an tahun Anggaran tahun 2021 dari Kementerian Agama RI.

Agus Fathullah mengatakan di Provinsi Aceh penerima Bantuan tahun anggaran 2021 dari Kementerian Agama RI sejumlah 6 (enam) Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) diantaranya dengan rincian 1 (satu) RKB  yaitu: TPQ Ar-Rahman Pasar Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil, 4 (empat) REHAB masing-masing yaitu: TPQ Nurul Makmur Pulo Sarok Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil, TPQ Darul Huda Desa Kuta Lang Lang Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara, TPQ Plus Assyifa Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam dan TPQ Almubarakah Tanjong kembang Kecamatan Tanjong Kabupaten Aceh Tenggara, dan 1 (satu) penerima yaitu: TPQ Darul Qur’an Desa Deleng Kukusen Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara.

Dalam kegiatan Bimtek  pak Agus bengitu sapaannya asli bogor ini memberikan membimbingan pengisian dokumen yang diisi untuk diproses secara administratif dan menyerahkan dokumen secara mandiri kepada pak Agus.

Dr. Syahminan, S.Ag, MA Ketua Pokjaluh Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil dan Juga wakil Ketua Pokjaluh Kementerian Agama Provinsi Aceh merasa sangat bersyukur telah memberikan prioritas tinggi oleh Kementerian Agama RI untuk Kabupaten Aceh Singkil 2 (dua) TPQ yaitu Bantuan RKB pada TPQ Ar-Rahman  Pasar Singkil dan Bantuan REHAB pada TPQ Nurul Makmur Pulo sarok Singkil, ini sangat luar biasa sangat perhatian dan bantuan Kementerian Agama RI kepada kita melalui Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil.

Penerima bantuan pembangunan RKB kepada TPQ Ar-Rahman sebagai Pimpinan Dr. Syahminan, S.Ag, MA adalah mandat Surat Keputusan dari Lembaga Pendidikan Az-Zaitun turut hadir dalam acara Bimtek. Sejak tahun 2000 TPQ Ar-Rahman sudah ada telah banyak anak-anak berkiprah dalam even keagamaan hingga ke Manca Negara.

Dan Sejak tahun 2000 baru tahun ini TPQ Ar-Rahman menerima bantuan adalah sangat wajar juga TPQ Ar-Rahman menerima bantuan pembangunan Ruang Kelas belajar diterima sebanyak Rp. 50.000.000,-  untuk membangun kelas, dan memang selama ini kendela dengan ruangan belajar anak-anak hanya baru 1 (satu) sehingga sempit-sempitan belajar tidak ada ruang yang bisa dipakai untuk tempat belajar anak-anak. Dengan adanya bantuan Pembangunan RKB ini dapat menambah 1 (satu) ruangan lagi tempat belajar anak-anak dan dari lembaga TPQ Ar-Rahman terus berupaya meningkatkan perkembangan kwantitas dan kualitas TPQ Ar-Rahman sebagai Pendidik Al-Qur’an.

Harapan, secara kontinyu kementerian Agama RI dapat menyalurkan bantuan-bantuan anggaran untuk menjembatani jalannya pendidikan Al-Qur’an melakukan dan mengembangkan kegiatan bimbingan keagamaan amar ma’ruf nahi wa mungkar.

x

Check Also

Jamaah Haji Aceh Singkil Berangkat Hari ini Menuju Embarkasi Banda Aceh

Jamaah Haji Aceh Singkil hari ini berangkat menuju Embarkasi Banda Aceh. Jum’at, 7 Juni 2024. Serangkaian proses keberangkatan diawali dengan ...