Home / Berita / Bangun Karakter Islami, Rohis MAN Aceh Singkil Gelar Kegiatan Pengajian

Bangun Karakter Islami, Rohis MAN Aceh Singkil Gelar Kegiatan Pengajian

 

Singkil – Pendidikan karakter bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian, dan teknik-teknik menjawabnya. Pendidikan karakter memerlukan pembiasaan, karena karakter tidak terbentuk secara instan, tapi harus dilatih secara serius dan proporsional.

Al-Qur’an sebagai sumber etika dan moral tentu memiliki pandangan tersendiri terkait dengan pendidikan karakter. Konsep nilai-nilai karakter islami adalah konsep dasar dari agama islam itu sendiri yaitu agama yang menuntun manusia menjadi beradab atau berakhlak karimah (ihsan), dan itu dinyatakan langsung oleh rasulullah saw, bahwa beliau diutus untuk menyempurnakan akhlak.

Untuk menjadi manusia yang berakhlak karimah harus yang dimulai dari proses belajar (iqra). Dari hasil belajar itulah manusia dapat mempercayai (beriman) karena ilmunya bukan karena ikut-ikutan (taqlid), karena bukti iman adalah diucapkan dengan lisan, diyakini dalam hati, diamalkan lewat perbuatan anggota badan.

Atas dasar itulah Rohis MAN Aceh Singkil yang menamankan diri sebagai Lingkar Remaja Islami ROHIS MAN Aceh Singkil Pasca menggelar kegiatan training motivasi terhadap semangat para peserta didik MAN Aceh Singkil hari ini Sabtu, 05/03/2022 menggelar kegiatan pengajian rutin dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa MAN Aceh Singkil.

Kegiatan pengajian yang di bimbing oleh Ust. Mukhlis, S.ThI yang juga Guru Tahfidz pada Madrasah itu menyampaikan bahwa kegiatan ini akan rutin di laksanakan setiap sepekan sekali di Mushalla MAN Aceh Singkil.

Tujuan kegiatan ini dalam rangka memperkokoh karakter siswa MAN Aceh Singkil menjadi siswa yang berkarakter Islami, Selian pemateri dari dalam Madrasah, kita juga akan mendatangkan pemateri dari luar Madrasah agar ilmu yang di terima oleh Rohis MAN Aceh Singkil semakin banyak.

Sementara pada kesempatan itu Kepala MAN Aceh Singkil Elni Afrida S.Si sangat mendukung kegiatan yang di gagas oleh Rohis MAN Aceh Singkil tersebut, semoga para siswa yang ikuti pengajian tersebut dapat Istiqomah untuk mengikuti agar materi yang didapat dalam pengajian itu dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari demikian harapannya.

x

Check Also

Penandatangan Ikrar Wakaf Sebidang Tanah di Desa Tanah Bara

Pejabat Pembuat Akta Ikrar wakaf (PPAIW) KUA Kecamatan Gunung Meriah H.Sabaruddin,M.Ag didampingi Penyuluh Agama Islam hadiri pelaksanaan dan penandatanganan Ikrar ...