Home / Berita / Puluhan Peserta dari Madrasah dan RA se Kab. Aceh Singkil Ikuti Pembinaan KKG/MGMP dan Sosialisasi Aplikasi E-RKAM

Puluhan Peserta dari Madrasah dan RA se Kab. Aceh Singkil Ikuti Pembinaan KKG/MGMP dan Sosialisasi Aplikasi E-RKAM

 

 

Singkil (shr) – Puluhan Peserta dari Madrasah dan RA se Kab. Aceh Singkil ikuti pembinaan KKG/MGMP dan Sosialisasi Aplikasi E-RKAM yang dilaksanakan oleh Pendis KanKemenag Kab. Aceh Singkil, di Aula Kankemenag (26/09).

Pembinaan dan Sosialisasi tersebut turut dihadiri oleh Kasubbag TU KanKemenag, Suhardiman, S.Ag.,MM, Kepala Seksi Pendis Halimsyah, MA, Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator dari seluruh Madrasah dan RA se Kab. Aceh Singkil, adapun sebagai pemateri, Ahmad Fikri, dan Busti Hasni.

Suhardiman, saat membuka acara menyampaikan bahwa, dalam sambutannya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan satu sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan para guru-guru mata pelajaran yang tergabung dalam KKG dan MGMP untuk saling berkoordinasi dalam memecahkan masalah dalam sistem pembelajaran yang lebih baik.

Selanjutnya Halimsyah menyampaikan, Diketerbukaan informasi, peranan organisasi KKG dan MGMP sangatlah penting terutama dalam rangka peningkatan mutu dan profesionalisme pendidik.

“Dengan adanya pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan Kemenag terutama melahirkan generasi bangsa cerdas dan berkualitas”. Tegasnya.

Disamping itu beliau juga menyampaikan  selanjutnya sesuai keputusan Menteri Agama dalam madrasah ada aplikasi baru Elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (E-RKAM) adalah sebagai kewajiban sekolah untuk membuat perencanaan dan penganggaran dalam menggunakan dana kegiatan  yang diperoleh salah satunya adalah BOS. Ini harus direncanakan dalam bentuk e-RKAM.

“Melalui sistem ini, Kemenag akan mudah memonitor kualitas pembelanjaan madrasah, baik yang bersumber dari dana BOS atau lainnya, dalam rangka pemenuhan standar nasional pendidikan, Manfaat dari e-RKAM ini sendiri pihak sekolah mempunyai data perencanaan, dasar perencanaan, kemudian dasar anggaran untuk pelaksanaan BOS,” tuturnya lagi.

x

Check Also

Kepala dan 2 Siswa/i MAN 1 Aceh Singkil Raih Penghargaan

  Singkohor (Darma) – Kepala MAN Aceh Singkil dan dua Siswa dari Madrasah tersebut Terima Penghargaan pada acara Peringatan Hari ...