Home / Kemenag / TINGKATKAN KOMPETENSI GURU, KEMENAG ACEH SINGKIL GELAR WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

TINGKATKAN KOMPETENSI GURU, KEMENAG ACEH SINGKIL GELAR WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Singkil – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil melalui Seksi Pendidikan Islam menggelar kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Tahun 2023 di Aula Kantor Kementerian Agama Setempat. Jum’at, 18/08/2023

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam Kamaluddin, SE dan turut berhadir Pengawas Madrasah Hj. Husnati, S.Ag serta diikuti sebanyak 40 guru Jenjang MI, 35 guru jenjang MTs, dan 35 guru MA.

Dalam sambutannya Kasi Pendidikan Islam Kamaluddin, SE mengatakan bahwa Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ini sebagai upaya dalam mempersiapkan guru dalam penerapan kurikulum merdeka di madrasah yang rencananya pada semester ganjil 2023/2024 ini akan diterapkan.

“Ini merupakan langkah kita bersama untuk membekali guru-guru madrasah agar paham dan mampu nantinya menerapkan kurikulum merdeka di Madrasah, walaupun tidak semua guru ikut serta mudah mudahan keterwakilan dari beberapa guru di madrasah mampu saling berbagi dan membantu guru yang ada di madrasahnya masing masing”. Tutur Kamal

Sesuai dengan SK Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor B-1775/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/07/2022 tanggal 13 Juli 2022 tentang Penetapan Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023 dan Nomor B-1120/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2023 tanggal 13 Maret 2023 tentang Penetapan Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024, Untuk Aceh singkil telah ditetapkan sebanyak 5 Madrasah yang terpilih sebagai Piloting Project dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

“Sebanyak 5 Madrasah kita di Aceh Singkil dipilih menjadi Piloting project dalam penerapan kurikulum merdeka dan tentunya ini harus segera kita tindak lanjuti dan implementasikan di madrasah yang menjadi sasaran, namun meskipun sudah ada piloting tetap diharapkan semua madrasah harus mempersiapkan diri dan dengan semangat mengikuti kegiatan workshop ini sebagai bekal dan modal nantinya dalam menerapkan di madrasah”. Harap Kamal

Kegiatan Workshop ini berlangsung mulai Tanggal 18 s.d 20 Agustus 2023 yang diperuntukkan bagi guru Madrasah yang terdiri dari jenjang MI, MTs dan MA di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil.

Adapun yang bertindak sebagai Narasumber pada kegiatan Workshop ini yaitu Rani Rindu, S.Pd.I., CPI., CMPI., CSTMI yang merupakan Guru di UPTD SPF SDN 2 Biskang dan juga sebagai Guru Penggerak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang sudah memiliki sejumlah pengalaman dan kemampuan di bidang Pendidikan.

Dalam pelaksanaan Workshop ini menggunakan platform Merdeka Mengajar yang diberikan secara gratis oleh Pemerintah kepada semua guru yang ada di Indonesia baik guru yang berada di bawah naungan Kemendikbud maupun guru yang berada di bawah naungan Kementerian Agama untuk belajar dan memahami kurikulum merdeka dengan berbagai macam fitur yang di sediakan.

x

Check Also

Kankemenag Aceh Singkil Hadiri Upacara Tahunan Ke V Khutbatul- I ‘Arsy Pekan Perkenalan Pondok Pesantren Darur Rasyid

Simpang Kanan – Kepala Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Azhar, S.Ag, M.A  hadiri upacara tahunan Ke V Khutbatul – ...