Home / Berita / Pasca Idul Fitri, Sebanyak 28 Pasangan Menikah di Aceh Singkil

Pasca Idul Fitri, Sebanyak 28 Pasangan Menikah di Aceh Singkil

 

Aceh Singkil– Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Aceh Singkil, H. Saifuddin, SE bersama Kasi Bimas meninjau jalannya pelayanan di kantor Urusan Urusan Agama (KUA) Kecamatan dalam kabupaten setempat, Selasa (18/5/2021).

“Dari hasil pantauan kami, proses pelayanan untuk masyarakat di KUA sudah aktif melayani sejak hari pertama masuk kantor pasca libur idul Fitri kemarin, bahkan tadi juga terlihat sejumlah masyarakat sedang mendapat pelayanan dari KUA,” ujar Saifuddin.

Ia menambahkan, dari data yang tercatat di KUA, banyak pasangan yang akan melaksanakan akad nikah di bulan Syawwal ini atau pasca idul Fitri.

“Berdasarkan data dan laporan dari 10 KUA, angka pencatatan nikah pasca Idul Fitri atau Bulan Syawwal di Aceh Singkil ada 28 pasang, seperti di KUA Kecamatan Singkil ada 7 pasang. Kalau proses pelaksanaan akad nikahnya rata rata memilih di luar Kantor, yaitu seperti di Masjid, rumah dan tempat lainnya yang di pilih oleh calon pengantin, ada juga di KUA,” jelas Saifuddin.

Ia menambahkan, sampai bulan April tercatat sebanyak 344 peristiwa pencatatan  nikah di kabupaten Aceh Singkil selama 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Saifuddin juga meninjau KUA Kecamatan Singkil Utara yang terendam banjir. Ia mendapatkan informasi dari Kepala KUA setempat, bahwa kantor tersebut memang langganan banjir kala musim hujan, sehingga sering terganggu pelayanan.

“Dari laporan pak Kepala KUA tadi kantor KUA Kecamatan Singkil Utara memang sudah jadi langganan banjir saat musim hujan, khususnya pada saat hujan lebat, air akan masuk ke dalam Kantor sampai ketinggian 40-50 cm” ujar  Saifuddin didampingi Kepala KUA setempat.

Diantara penyebab terjadinya banjir di KUA,  rendahnya posisi tanah dari badan jalan raya, sehingga KUA Singkil Utara saat hujan lebat akan menjadi penampung curah hujan dari badan jalan Raya. Kemudian tidak lancarnya aliran drainase yang ada di depan KUA, sehingga pada saat hujan lebat, air yang mengalir dari drainase yang berasal dari parit sekitar sehingga akan melimpah dan langsung masuk ke KUA Kecamatan Singkil Utara.

Untuk menanggulangi tersebut, Saifuddin mengatakan KUA Singkil Utara harus menjadi  prioritas pembangunan SBSN tahun 2022, apalagi lahannya sudah ada yang dibeli menggunakan anggaran kemenag pusat.

“Permohonan dan kelengkapan administrasi sudah kita sampaikan kepada Kanwil, mudah mudahan terakomodasi,” kata Saifuddin.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut, Saifuddin juga memotivasi jajaran KUA untuk fokus pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat, juga meningkatkan kedisiplinan dan inovasi dalam berkerja, menuntaskan segala tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan.

“Hindari pungli, tetap pedomani regulasi,” kata Saifuddin.

Dalam kesempatan itu, Ia juga mengingatkan jajarannya dan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan di KUA dengan menerapkan 5 M, yaitu

memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas serta menjauhi kerumunan. []

x

Check Also

ASN Kemenag Singkil Launching Program Infaq 1000 Rupiah Perhari

Singkil – Infaq berasal dari bahasa Arab yaitu anfaqa-yunfiqu yang berarti membelanjakan harta atau membiayai suatu hal yang berhubungan dengan ...