Home / Berita / Melalui Pusaka Sakinah Turunkan Angka Perceraian, Tingkatkan Ketahanan Keluarga, Wujudkan Keluarga Bahagia dan Sejahtera

Melalui Pusaka Sakinah Turunkan Angka Perceraian, Tingkatkan Ketahanan Keluarga, Wujudkan Keluarga Bahagia dan Sejahtera

Singkil—Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam menggelar kegiatan Piloting Pusat Pelayanan Keluarga Sakinah (PUSAKA SAKINAH) bimbingan keluarga sakinah bagi pasangan suami-istri.

Kegiatan ini mengambil tema melalui Keluarga Sakinah Turunkan Angka Perceraian, Tingkatkan Ketahanan Keluarga dan Wujudkan Keluarga Bahagia dan Sejahtera yang diikuti oleh pasangan suami istri di Kampung Kilangan Kecamatan Singkil. Senin (15/08/2022).

Kepala Seksi Bimbingan masyarakat Islam Hendra Sudirman, S.Sos.I menyampaikan kepada peserta keluarga pusaka sakinah di desa Kilangan untuk mempunyai langkah-langkah dan gerakan yang positif untuk menjaga ketahanan keluarga dan saling mengisi ruang antara suami dan isteri untuk mewujudkan keluarga berkualitas, sehat dan sejahtera.

“Ia menambahkan kepada peserta pusaka sakinah di desa kilangan Keluarga harus dibangun dengan dasar kasih sayang, keadilan, saling menghormati dan membudayakan musyawarah, sehingga bisa terwujud keluarga yang bahagia, karena menurut sabda Nabi Muhammad SAW keluarga yang bahagia adalah surga di dunia.

Camat Singkil Kharuddin AB, SE pada sambutannya kegiatan ini sangat baik dan bagian dari upaya menekankan angka perceraian di tengah-tengah masyarakat, hal yang terpenting adalah bagaimana kita terus meningkatkan ke imanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, sehingga hal-hal yang kecil yg mungkin bisa terjadi perselisihan di rumah tangga dapat terselesaikan dengan baik.

Kepala KUA Kecamatan Singkohor Khairuddin, S.Ag menyampaikan materi kepada peserta pusaka sakinah, untuk mencapai keluarga yang sakinah mawaddah warahmah harus saling pengertian dan menghargai, suami istri harus saling menghargai agar tercipta keluarga yang harmonis. Suami istri harus menjadi tauladan dan orang terdepan memberikan contoh bagi anak-anaknya. Itulah namanya keluarga yang sehat dan tangguh, mapan serta bisa menjadi tauladan bagi yang orang lain.

“Yang namanyan rumahtangga pasti ada riak-riak kecil, pasti ada gelombang ujian, gejolak namun kita haus ingat itu adalah ujian, sesuatu yang harus kita bisa selesaikan. Dalam membangun rumah tangga paling tiga hal yang harus dilaksanakan yaitu harus terbuka, saling percaya, saling memahami.

“Konsep Sakinah merupakan konsep agama kita, sehingga ke depan kita minimalisir angka perceraian dengan saling berkomunikasi dengan baik sesama pasangan kita, agar tidak terjadi salah faham antara suami dan istri dan dapat menjadikan keluarga sakinah mawaddah dan rahmah,” tutupnya.

Turut berhadir Kepala KUA Kecamatan Singkil Dermawansyah, S.Ag Staf KUA Kecamatan Singkil Akrim, SE.,.Camat Singkil Khairuddin AB, SE, Kapolsek Singkil, Dandramil Singkil dan Kepala Desa Kilangan.

 

x

Check Also

Kankemenag Aceh Singkil Hadiri Upacara Tahunan Ke V Khutbatul- I ‘Arsy Pekan Perkenalan Pondok Pesantren Darur Rasyid

Simpang Kanan – Kepala Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil H. Azhar, S.Ag, M.A  hadiri upacara tahunan Ke V Khutbatul – ...