Home / Berita / ASN Kemenag Singkil Meuripee  Beli Lahan Untuk Pembangunan KUA

ASN Kemenag Singkil Meuripee  Beli Lahan Untuk Pembangunan KUA

 

Singkil – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Aceh Singkil bahu membahu dengan cara patungan mengumpulkan uang untuk pembebasan lahan untuk pembangunan KUA Kecamatan Pulau Banyak Barat.  Pembebasan lahan telah berhasil dilakukan dan telah mendapat akta notaris untuk selanjutnya akan dilakukan hibah ke Kementerian Agama.

Gagasan ini dilakukan Saifuddin Baru dua bulan berdinas di Kabupaten Aceh Singkil, ia langsung tancap gas membuat gerakan yang populis di lingkungan Kemenag Aceh Singkil, karena pejabat lama belum sempat merealisasiakannya.

Kakankemenag Aceh Singkil, Saifuddin SE menuturkan,  bantuan tersebut adalah bentuk kepedulian para ASN karena belum tersedianya KUA di pulau terpencil ini.

“Semua ASN boleh menyumbang se ikhlasnya bila mampu dan boleh tidak menyumbang bagi yg masih merasa kekurangan, karena ini semua untuk ibadah bagi setiap ASN yang mau beramal jariyah,” tutur Saifuddin.

Kakankemenag menjelaskan, para ASN melakukan patungan karena belum ada kepastian dari pemerintah terkait pembebasan lahan, apalagi saat ini sedang dilanda wabah Covid-19.

“Setelah tanah tersedia, baru untuk pembangunannya diusulkan dengan anggaran pemerintah pada tahun 2021. Semoga ini segera terwujud karena kebutuhan yang mendesak,” ucapnya.

Ia menceritakan, selama ini masyarakat yang ingin mendapatkan layanan administrasi pernikahan harus berlayar ke Kecamatan Pulau Banyak  yang harus memakan waktu dua jam.

“Jadwal pernikahan menjadi amburadul akibat cuaca yang terkadang tidak bersahabat. Ini kita rasa memang harus hadirnya KUA di Pulau Banyak Barat,” katanya.

Saifuddin menyatakan, pada Agustus 2019 pihaknya melakukan kunjungan ke pulau tersebut untuk mendengar keluhan masyarakat. Menurutnya, warga mengeluh karena belum adanya KUA representatif di pulau tersebut.

“Karena keprihatinan kita terhadap kondisi di Pulau Banyak Barat, akhirnya kita mengambil keputusan untuk segera melakukan pembebasan lahan, sehingga pembangunan KUA akan segera terealisasikan,” pungkasnya.

x

Check Also

Di Penjara, Pokjaluh Kemenag Aceh Singkil isi berbagai Program Ramadhan

  Singkil Utara (jak) – Bulan Ramadhan 1442 H tidak lama lagi akan dijalani oleh setiap muslim di seluruh dunia. ...